6 Manfaat Luar Biasa Bawang Bombai Yang Wajib Kalian Ketahui !

FAJAR Pendidikan

Bawang bombai adalah salah satu jenis bawang yang kerap di gunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa pada masakan.

Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombai juga sangat mudah untuk ditemukan.

Di dalam bawang bombai terdapat kandungan nutrisi Karbohidrat, Protein, Serat, Kalsium, Magnesium, Kalium, Zat besi, Zinc, Vitamin C dan B6. Selain itu, bawang bombai juga memiliki senyawa sulfur organik dan bergam antioksidan.

Karena memiliki beragam jenis nutrisi di dalamnya, bawang bombai memiliki beragam jenis manfaat yang baik untuk kesehatan di antaranya:

BACA JUGA :   Tauge Ternyata Luar Biasa Kandungannya

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bawang bombai adalah salah satu jenis tanaman yang kaya akan serat. Oleh karena itu, bawang bombai bermanfaat untuk membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi.

Kandungan serat dalam bawang bombai memiliki sifat prebiotik yang bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan menyehatkan saluran pencernaan.

Menangkal Efek Radikal Bebas

Memiliki beragam jenis kandungan antioksidan, bawang bombai memiliki manfaat untuk melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa menjadi pemicu terjadinya beragam jenis penyakit seperti kanker.

BACA JUGA :   Ini Tips Bantuan Awal Pada Seorang Ketika Terkena STROKE

Bahkan, dalam beberapa riset juga di katakan jika bawang bombai memiliki potensi menghambat perkembangan penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson. Walaupun riset ini masih harus dilakukan penelitian lanjutan.

Membantu Jaga Kesehatan Jantung

Beberapa studi menunjukkan jika kandungan nutrisi di dalam bawang bombai membantu dalam mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah.

Selain itu, kandungan quercetin, salah satu jenis antioksidan yang dapat mengusir racun dalam tubuh, membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI