6 Tips Sederhana Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

Bahasa Korea adalah bahasa nasional baik di Korea Utara maupun Korea Selatan. Bahasa Korea menjadi salah satu bahasa paling populer pada generasi saat ini setelah kesuksesan K-Pop dan K-Drama. Oleh karena itu Fajar Pendidikan merangkum 6 Tips Sederhana Belajar Bahasa Korea dengan Mudah.

Sekitar 75 juta orang di seluruh dunia berbicara dalam bahasa Korea. Keinginan untuk mempelajari dan memahami budaya, musik, masakan, dan drama dalam bahasa Korea telah meningkat. Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi Korea untuk membantu langkah pertama Anda dalam belajar bahasa Korea.

Langkah dasar dalam mempelajari bahasa baru adalah belajar alfabet terlebih dahulu. Pertama-tama pelajari huruf, vokal, dan konsonan. Hangul terdiri dari 24 huruf dasar: 14 konsonan dan 10 vokal. Tips Dasar untuk Belajar Bahasa Korea
Buat strategi dan pola yang akan diikuti saat belajar bahasa Korea. Banyak orang tidak tahu harus mulai dari mana saat belajar bahasa asing. Forbes Advisor India telah mengumpulkan beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai belajar bahasa Korea.

- Iklan -

Tip 1: Pelajari Hangul

Hal paling penting dalam mempelajari bahasa apapun adalah memahami alfabetnya. Anda perlu menguasainya sepenuhnya. Hangul adalah aksara abjad di mana bahasa Korea ditulis.

Baca Juga:  Ilmu Fisika Pada Metode Pengecekan Kendaraan Bermotor

Tip 2: Bangun Kosakata

Setelah Anda menguasai Hangul, Anda bisa mulai membangun kosakata Anda. Mulailah dengan belajar angka Korea, diikuti dengan hari, minggu, dan bulan, lalu frasa komunikasi sederhana. Jika Anda berencana pergi ke Korea, pastikan Anda belajar kata-kata yang berkaitan dengan gerakan, arah, transportasi, dan kosakata makanan.

Tip 3: Kata Pinjaman dan Kata Konglish

Sebagian besar kata dalam bahasa Korea adalah kata pinjaman dan kata Konglish (Korea + Inggris). Ini adalah kata-kata yang menjadi bagian penting dari kosakata sehari-hari. Kemudian ada kata-kata pinjaman, yang berarti kata-kata yang terdengar seperti kata-kata dalam bahasa Inggris dengan arti yang sama tetapi dengan aksen Korea. Mereka mudah diingat karena terdengar seperti bahasa Inggris.

- Iklan -

Misalnya:

인터넷 (in-teo-net) = internet

카페 (ka-pe) = kafe

- Iklan -

Beberapa kata Konglish lainnya terdengar persis seperti kata-kata dalam bahasa Inggris tetapi memiliki arti yang berbeda. Cari kata-kata Konglish dan Anda akan menemukan berapa banyak kata dalam bahasa Korea yang sudah Anda ketahui.

Tip 4: Libatkan Diri dengan Guru Korea

Seorang tutor akan membantu Anda belajar bahasa dengan lebih cepat dan efisien. Ini akan membantu lebih banyak dengan tata bahasa dan kesulitan Anda. Seorang tutor pribadi akan memahami gaya pembelajaran Anda dan merencanakan pola belajar Anda sesuai.

Baca Juga:  Cara Mendidik Akidah Anak

Tip 5: Libatkan Diri dengan Teman/Kelompok

Berinteraksi dengan teman atau kelompok Korea akan membantu Anda belajar kata-kata baru, meningkatkan keterampilan berbahasa Anda, dan membuat Anda termotivasi. Biasakanlah untuk berbicara hanya dalam bahasa Korea dengan teman Anda.

Anda dapat menemukan grup Korea di platform media sosial seperti Meetup dan Facebook. Anda juga dapat menggunakan aplikasi komunikasi KakaoTalk: Sebuah aplikasi yang banyak digunakan di Korea Selatan juga bisa menjadi alternatif untuk WhatsApp.

Tip 6: K-Drama dan K-Pop

Menonton K-drama dan mendengarkan K-pop dapat meningkatkan keterampilan bahasa Anda. Menambahkan kegiatan ini ke dalam rencana harian Anda dapat membantu Anda belajar bahasa dengan lebih cepat. Menambahkan subtitle dan membuat catatan kata-kata dan frasa yang tidak dikenal dan menuliskannya akan meningkatkan kosakata Anda. Setelah beberapa saat, Anda akan terkejut bagaimana otak Anda membantu Anda membandingkan kata-kata dengan arti mereka.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU