7 Amalan Memasuki Bulan Suci Ramadhan, Hanya Datang Setahun Sekali

FAJAR Pendidikan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan yang sangat di nanti-nantikan oleh para umat muslim. Tersisa 20 hari lagi, semua perbuatan yang di lakukan pada bulan suci ini akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Maka dari itu, baiknya kita memperbanyak amalan memasuki bulan ramadhan, ada baiknya jika kita melakukan perbuatan baik.

Merencanakan dan membuat persiapan yang diperlukan untuk setiap peristiwa penting sangat bermanfaat, termasuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Hari demi hari berlalu seiring dengan semakin dekatnya kita dengan bulan Ramadhan.

Sudahkah Anda merencanakan dan menjadwalkan kegiatan Anda untuk bulan terbaik tahun ini? Bulan Ramadhan adalah salah satu momen penting yang terjadi hanya setahun sekali.

Amalan yang dapat Dilakukan Sebelum Memasuki Bulan Suci Ramadhan

1. Sedekah

Bersedekah bisa kepada siapa saja setiap siang dan malam hari dalam keadaan susah maupun lapang. Minimal Rp 1.000 terutama dalam 10 malam terakhir ini sehingga apabila Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan kita menyedekahkan sebanyak Rp 1.000 selama 84 tahun atau Rp 1.000 x 365 hari x 84 tahun.

BACA JUGA :   Tabel Kalender Jawa Bulan Oktober 2022: Hari, Pasaran, Wuku

2. Sholat Sunnah

Kerjakanlah shalat sunnah minimal dua rakaat tiap malam sehingga jika Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan kita shalat dua rakaat selama 84 tahun atau dua rakaat x 365 hari x 84 tahun.

3. Menghafal, doa malam Lailatul Qodar

Hafalkanlah do’a malam Lailatul Qadar yang diajarkan oleh baginda Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wasallam ini:

ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN, TUHIBBUL ‘AFWA FA’ FU’ANNI

(Ya Allah, Engkau maha pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku).

4. Membangunkan keluarga

Membangunkan keluarga untuk sholat malam juga salah satu amalan memasuki bulan suci ramadhan. Karena Baginda Nabi Muhammad senantiasa membangunkan istrinya pada malam-malam ini. Anak-anak pun bisa diajak beribadah untuk beberapa saat, walau mungkin tidak semua orang dewasa.

“Semangati dan berilah motivasi pada diri mereka,” katanya.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat 30 September 2022 Tema 'Agar Ibadah Menjadi Nikmat'

5. Jangan banyak makan

Jagalah perut agar tidak terlalu kenyang dan tidurlah segera setelah isya dan tarawih sekedar untuk menyegarkan diri. Lalu bangunlah untuk mendirikan sholat malam.

6. Doa minta dijumpakan dengan Ramadhan yang akan datang

Seluruh ibadah di bulan Ramadhan ini bukan lah ajang untuk pasang status (misalnya : “Alhamdulillaah, nikmatnya bermunajat kepada-Nya malam ini” dsb) di Facebook atau media sosial lainnya Biarlah itu jadi rahasia indah antara engkau dengan Allah.

7. Sabar

Sabar adalah kunci untuk mendapatkannya sepuluh malam terakhir mungkin akan sangat melelahkan. Di siang hari anda mungkin masih harus bekerja, sekolah atau aktifitas lainnya.

Ini kata KH Zulkifli adalah saat untuk mengerahkan kesabaran semaksimal mungkin. Ingatlah Allah telah memberi kita kesempatan berharga (akan luasnya ampunan) yang mungkin saja tidak datang lagi.

“Semoga kita bisa mengamalkan dan mengencangkan amal sholeh kita di malam 10 terakhir Ramadhan,

Selamat ber-iktikaf,” katanya.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA