7 Makanan Pengganti Nasi Putih, Bagus Untuk Program Diet

FAJAR Pendidikan

Nasi putih adalah salah satu makanan pokok terutama untuk semua orang Indonesia. Nasi putih sendiri adalah sumber karbohidrat yang adalah sumber energi utama tubuh. Adapun selain nasi putih, terdapat banyak ragam lain sumber karbohidrat.

Pada kenyataannya, sebagian besar orang ingin mengganti nasi putih dengan pilihan karbohidrat lain dengan alasan tertentu seperti karena alergi atau ingin makan lebih sedikit kalori.

Berikut beberapa pilihan karbohidrat lain pengganti nasi putih yang bergizi dan bisa memenuhi kebutuhan harian Anda, diantaranya:

Gandum Utuh

Gandum utuh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan pilihan yang tepat untuk meningkatkan serat makanan. Serat baik untuk meningkatkan pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Gandum juga tinggi antioksidan yang bisa membantu memperbaiki sel-sel usus. Selain itu, gandum utuh juga mmebantu dalam menurunkan kadar kolesterol, mengontrol glukosa dan insulin.

Gandum juga mengandung protein yang baik untuk regenerasi sel. Jadi bisa menjadi pilihan untuk pengganti nasi putih.

BACA JUGA :   Tips Melamar Kerja via Email, Ikuti Ini Agar Dilirik HRD!

Quinoa

Quinoa adalah makanan pokok orang Amerika Serikat selama ribuah tahun lalu. Bahan makanan ini bisa menjadi sumber karbohidrat dan mengandung sembilan asam amino esensial sehingga menjadikannya sebagai sumber protein baik.

Quinoa membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan memiliki efek menurunkan gula darah juga sehingga baik untuk dikonsumsi penderita kencing manis.

Nasi Merah

Nasi merah adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang memiliki kadar glukosa lebih rendah di bandingkan nasi putih biasa.

Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan vitamin B6, zinc dan besi. Kandungan seratnya juga lebih tinggi di bandingkan nasi putih sehingga baik untuk pencernaan.

Oatmeal

Kandungan serat di dalam oatmeal bisa membuat tubuh Anda merasa kenyang kebih lama. Selain itu, oatmeal mengandung nutrisi lain yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, Kalsium, potasium dan vitamin B.

BACA JUGA :   Ginjal, Jangan Buru Buru Cuci Darah

Dan yang terpenting, rutin mengonsumsi oatmeal membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.

Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang paling serba guna. Ada banyak cara pengelolahan kentang sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat baiknya. Mulai dari direbus, dipanggang hingga dikukus.

Kentang termasuk dalam keluarga umbi yang sudah lama dikonsumsi. Hal ini bukan tanpa alasan karena kentang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan termasuk diantaranya karena adanya efek antioksidan, anti-inflamasi, anti kanker, menurunkan kolesterol, dan mengontrol gula darah.

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah jenis umbi lain yang menyediakan kandungan karbohidrat, zat gizi mikronutrien, serat, dan mineral.

Konsumsi ubi jalar memiliki manfaat untuk membantu melindungi tubuh melawan penyakit kardiovaskular dan kanker karena memiliki antioksidan tinggi.

Itulah beberapa alternatif pilihan karbohidrat rendah kalori yang bisa Anda pilih sebagai pengganti nasi putih.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI