ADV A1

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Kelelahan Setelah Mudik

FAJAR Pendidikan

Tubuh Anda dapat kehabisan makanan yang Anda berikan. Berikut ini adalah beragam makanan yang bisa dikonsumsi untuk melawan kelelahan dalam artikel ini.

Cara terbaik untuk mendapatkan energi paling banyak dari makanan Anda adalah memastikan Anda memberikan makanan terbaik untuk diri Anda sendiri. Selain apa yang Anda makan, waktu makan juga dapat memengaruhi energi Anda.

Apakah Anda pernah memperhatikan bagaimana Anda merasa lesu setelah makan siang atau makan malam yang besar? Jika pernah, hal itu bisa terjadi karena tubuh Anda menggunakan energinya untuk mencerna makanan itu, alih-alih memberi daya pada bagian tubuh Anda yang lain.

Cara termudah untuk menghindari kelelahan pascamakan adalah dengan makan beberapa makanan dengan porsi lebih kecil sepanjang hari. Hal ini akan membuat tubuh Anda terisi secara teratur dan bahkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Buah dan Sayur Segar

Mengutip Healthline di situs healthline.com, saat kelelahan, lebih baik banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar dibandingkan makanan olahan siap saji. Karena buah dan sayur segar mengandung banyak nutrisi, semakin segar, semakin tinggi nutrisinya.

BACA JUGA :   Cara Sederhana Mengatasi Telinga Tersumbat, Gunakan Ini!

2. Minum Air

Meskipun air tidak menyediakan energi dalam bentuk kalori, air bantu memfasilitasi proses energi dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat berfungsi lebih optimal dan efektif. Karenanya, saat kelelahan disarankan banyak konsumsi air putih daripada minuman manis maupun berkafein.

3. Makan Pisang

Pisang menyediakan potasium, serat, vitamin, dan sejumlah karbohidrat yang baik dalam mendorong energi alami tubuh ketika kelelahan.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan bagus untuk kembali mengisi energi saat kelelahan. Melansir Eating Well di alamat eatingwell.com, karena kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein dan serat yang terkait dengan rasa puas dan kenyang lebih lama.

Selain itu, kacang-kacangan seperti kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik dalam meningkatkan kualitas tidur. Sedang biji-bijian seperti biji chia dan rami dikemas dengan serat yang berkaitan dengan tidur.

BACA JUGA :   Deretan Makanan yang Sehat untuk Pengidap Asam Urat

5. Minum Kopi atau Teh

Minum kopi atau teh dalam jumlah sedang dapat meringankan sakit kepala saat kelelahan. Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi maupun teh dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan otak, diabetes, dan lain-lain.

6. Makan Buah Beri

Buah beri, termasuk blueberry, raspberry, dan blackberry, merupakan camilan yang bagus dikonsumsi saat kelelahan. Merujuk Healthy Sleep di alamat healthysleep.org, ini karena buah beri menyediakan antioksidan, karbohidrat penambah energi, folat, potasium, magnesium, dan serat yang membantu tubuh dan pikiran pulih dari stres yang dapat mengakibatkan kelelahan.

7. Makan Oatmeal

Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, dicerna perlahan dan mampu menyediakan pasokan energi yang stabil bagi tubuh. Ini karena oatmeal rendah karbohidrat, rendah glikemik dan mengandung nutrisi seperti niasin, thiamin, dan folat, yang membantu meningkatkan metabolisme energi tubuh, terutama saat kelelahan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI