7 Manfaat Kopi Selain Tahan Kantuk, Juga Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kopi memiliki khasiat tersendiri yang membuat kita sangat menyukainya. Khasiatnya dalam menghilangkan rasa kantuk juga membuatnya banyak di komsumsi. Tapi, tidak hanya itu saja. Kopi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh loh!

Tahukah Anda bahwa minuman dengan rasa pahit ini juga menyimpan berbagai khasiat lain untuk kesehatan? Simak ulasannya seputar manfaat beserta kandungan nutrisi di dalam kopi beserta berikut ini, ya!

Kandungan gizi kopi

Kopi kerap dijadikan minuman wajib yang dikonsumsi setiap hari bagi sebagian orang. Pasalnya, kopi diyakini dapat menjadi penambah energi saat memulai hari.

- Iklan -

Sebelum lebih jauh membahas soal manfaat kopi, sebaiknya Anda memahami dulu kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga:  4 Metode Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Kopi mencegah kanker usus besar

Situs Data Komposisi Pangan Indonesia menyebutkan kandungan nutrisi dalam 100 gram (g) kopi bubuk instan adalah sebagai berikut:

  • Air: 2,6 g
  • Energi: 129 kalori (Kal)
  • Protein: 12,3 g
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat (CHO): 35,0 g
  • Abu (ASH): 9,7 g
  • Kalsium (Ca): 179 miligram (mg)
  • Fosfor (P): 383 mg
  • Besi (Fe): 5,6 mg
  • Natrium (Na): 72 mg
  • Kalium (K): 3,256 mg
  • Tembaga (Cu): 0,14 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,21 mg
  • Niasin (Niacin): 30,6 mg

Di samping karbohidrat, protein, dan sedikit lemak, kopi juga punya kandungan kafein, magnesium, serta bahan kimia tumbuhan.

- Iklan -

Manfaat kopi untuk kesehatan
Kopi adalah minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, serta fungsi otak.

Baca Juga:  10 Keterampilan Seks yang Harus Dimiliki Pria

Nah, jika diminum sesuai kebutuhan, berikut berbagai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Menjaga kesehatan jantung

Dikutip dari situs Harvard School of Public Health, minum kopi secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

- Iklan -

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang disebutkan di situs tersebut.

Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU