8 Alasan Kucing Suka Menjilati Bulu-bulunya

FAJAR Pendidikan

Kucing memiliki kebiasaan yang cukup unik. Hewan tersebut seringkali terlihat menjilati bulu dan tubuhnya sendiri. Kebiasaan tersebut sebenarnya dipelajari kucing ketika mereka dirawat induknya saat masih kecil.

Namun, bagi kebanyakan orang awam, kebiasaan kucing menjilati bulu dan tubuhnya mungkin bertujuan untuk membersihkan dirinya. Hal tersebut sebenarnya tidaklah salah, tetapi ada banyak alasan lain mengapa kucing menjilat bulunya sendiri. Penasaran apa saja alasan tersebut? Yuk, simak ulasannya di sini!

Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilati Bulu

Menurut Cynthia McManis, dokter hewan dan pemilik Just Cats Veterinary Services, kucing dewasa dapat menghabiskan hingga 50 persen waktunya untuk merawat dirinya untuk self grooming alias menjilati diri sendiri. Selain membersihkan dirinya, berikut adalah beberapa alasan mengapa kucing suka menjilati bulunya, antara lain:

BACA JUGA :   Penyakit Kanker Seharusnya Tidak Mematikan

1. Mendinginkan Tubuhnya Sendiri

Salah satu alasan mengapa kucing menjilati bulunya adalah untuk mendinginkan suhu tubuhnya agar tetap normal. Sebab, kucing dapat menghasilkan sedikit keringat dari kakinya, tetapi kebanyakan dari mereka juga akan mengandalkan penguapan air liur pada bulunya. Maka dari itu, kucing akan menjilati dirinya sendiri agar dapat mengontrol sekitar sepertiga dari proses pendinginan tubuhnya sendiri.

BACA JUGA :   Institut Pencegahan Kanker, Memberi Urutan Sayur Terbesar Prosentasenya Sebagai Anti Kanker

2. Melindungi Diri dari Predator

Secara naluriah, kucing akan membersihkan makanan dan penyebab bau lainnya dari tubuhnya agar tidak terdeteksi dari predator. Perlu diketahui bahwa indra penciuman kucing empat belas kali lebih kuat daripada manusia. Selain itu, sebagian besar hewan pemangsa, termasuk kucing, akan melacak mangsanya melalui penciuman.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI