8 Fakta Unik Semut yang Belum Kalian Ketahui

FAJAR Pendidikan

Hampir setiap hari kita melihat semut di rumah-rumah kita, tapi pernahkah kalian mencari tahu bahwa semut bukanlah cuma sekedar seekor serangga saja. Banyak pelajaran yang bisa kalian ambil dari seekor semut, bahkan ada fakta unik semut yang belum kalian belum ketahui lho.

Berikut beberapa fakta unik semut yang belum banyak diketahui orang-orang :

1. Mereka Memiliki Kekuatan Seperti Manusia Super

Tahukah kalian bahwa semut mampu mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bentuk badan mereka yang lho. Mereka memiliki kemampuan untuk membawa antara 10 sampai 50 kali berat badan mereka sendiri! Berat yang dibawa oleh semut tergantung pada tiap spesies. Semut penenun Asia, misalnya, dapat mengangkat sesuatu 100 kali beratnya sendiri. Percaya atau tidak kekuatan luar biasa ini adalah hasil dari ukuran kecil mereka. The Arizona State University melaporkan bahwa karena ukurannya yang kecil, otot semut memiliki luas penampang yang lebih besar dibandingkan dengan hewan yang lebih besar. Ini berarti mereka dapat menghasilkan lebih banyak kekuatan.

2. Semut Tidak Memiliki Paru-Paru

Karena ukurannya yang kecil, semut tidak memiliki ruangan untuk mengakomodasi sistem pernapasan yang rumit seperti kita. Sebaliknya, mereka memiliki cara respirasi sendiri untuk membantu mengangkut oksigen di sekitar tubuh mereka. Semut menghirup oksigen melalui spirakel yang merupakan serangkaian lubang yang terletak di sekitar sisi tubuh mereka. Spirakel terhubung melalui jaringan tabung yang membantu mendistribusikan oksigen ke hampir setiap sel di tubuh mereka. Gerakan mereka membantu oksigen untuk beredar melalui tabung, dengan melepaskan karbon dioksida yang keluar melalui tabung tersebut juga.

BACA JUGA :   Kenapa Semut Berjalan Berbaris? Ini Alasannya

3. Semut Tidak Memiliki Telinga

Tidak seperti hewan lainnya, semut tidak memiliki telinga. Tetapi itu tidak berarti mereka tuli. Semut menggunakan getaran untuk mendengar. Mereka biasa menggunakan getaran tersebut untuk mencari makanan atau sebagai sinyal alarm. Semut menggunakan getaran di tanah untuk mendengar dengan mengangkatnya di organ subgenual yang terletak di bawah lutut mereka.

4. Semut Adalah Petani

Anda mungkin sediki kebingungan, tetapi itu adalah sebuah fakta. Selain manusia, semut adalah satu-satunya mahluk yang bisa mengolah makhluk lain. Sama seperti kita memelihara sapi, domba, babi, ayam, dan ikan untuk mendapatkan sumber makanan, semut akan melakukan hal yang sama dengan serangga lainnya. Kejadian paling umum biasa mereka lakukan dengan kutu daun. Semut akan melindungi kutu daun dari predator alami, dan melindungi kutu daun tersebut di sarang mereka dari hujan lebat untuk mendapatkan pasokan makanan yang konstan.

5. Semut Memiliki Dua Perut

Semut memang memiliki dua perut dan itu bukan karena mereka serakah. Salah satu perut mereka adalah untuk menyimpan makanan untuk konsumsi mereka sendiri, sementara yang kedua adalah untuk menyimpan makanan untuk dibagikan dengan semut lain. Proses ini dikenal sebagai trophallaxis dan mampu membuat koloni bekerja dengan lebih efisien. Hal ini memungkinkan bagi semut yang mencari makanan untuk memberi makan mereka yang tinggal di sarang bagian belakang dan cenderung memiliki tugas menjaga ratu dan sarang.

BACA JUGA :   Urutan Pangkat TNI, TNI Angkatan Darat, Udara, dan Laut

6. Semut Ternyata Bisa Berenang

Nah, tidak semua semut bisa berenang, itu tergantung pada spesiesnya masing-masing. Mereka juga tidak menguasai gaya kupu-kupu atau dada, namun mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di air dengan menggunakan versi dayung mereka sendiri, dan juga dapat mengapung untuk jangka waktu yang lama. Sederhananya, semut adalah penyintas yang luar biasa. Tidak hanya dapat menahan nafas di bawah air untuk jangka waktu yang lama, tetapi mereka juga dapat membuat sekoci atau kapal kecil agar bisa bertahan dari banjir.

7. Semut Setua Dinosaurus

Sebuah studi dari Universitas Negeri Harvard dan Florida menemukan bahwa semut pertama kali muncul selama periode Cretaceous sekitar 130 juta tahun yang lalu! Mereka selamat dari kepunahan dan zaman es yang telah membunuh dinosaurus.

8. Semut Tidak Selalu Berumur Pendek

Dibandingkan dengan manusia, semut hanya ada di planet ini untuk waktu yang singkat. Banyak spesies hanya hidup selama beberapa minggu. Namun, beberapa semut dapat hidup bertahun-tahun. Bahkan, banyak ratu semut dapat hidup selama beberapa dekade (semut tertua tercatat dapat hidup selama 30 tahun). Ratu semut bisa hidup sampai 20 tahun, sementara semut pekerja hanya mampu bertahan hidup sekitar 45-60 hari. Dan jika ratu mati, maka dalam beberapa bulan koloni semut tersebut akan musnah. (AHM)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI