8 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi bidang keahlian yang banyak diminati masyarakat karena adanya kebutuhan yang mengharuskan seseorang mampu berbahasa Inggris. Mulai dari sebagai modal di dunia kerja, hingga sebagai syarat menerima program beasiswa luar negeri. Maka dari itu Fajar Pendidikan merangkum 8 cara mudah belajar bahasa Inggris.

Tetapkan Tujuan Pembelajaran Bahasa

Sebelum Anda bahkan bisa mulai belajar Bahasa Inggris, Anda akan ingin menetapkan beberapa tujuan dan tolak ukur. Tujuan harus bergantung pada tingkat bahasa Anda dan akses ke sumber daya).

Mereka juga harus mempertimbangkan berbagai komponen untuk mencapai kemahiran berbahasa, seperti membangun kosakata, pengucapan, pemahaman bacaan, dan keterampilan menulis. Tujuan baik untuk siapa saja yang belajar bahasa.

- Iklan -

Baca Konten dalam Berbagai Format

Salah satu cara terbaik untuk terpapar dengan kosakata baru adalah dengan memastikan untuk mengonsumsi konten Anda dalam bahasa target dalam berbagai format. Orang berkomunikasi secara berbeda tergantung pada platform yang mereka gunakan.

Misalnya, mereka yang chatting di media sosial menggunakan bahasa yang jauh lebih kolokial dan percakapan daripada para penulis literatur tradisional, atau bahkan liputan surat kabar. Memahami cara berkomunikasi penutur asli dalam format yang berbeda kunci untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman Anda sendiri tentang bahasa tersebut.

Berbicara dengan Penutur Asli Bahasa Inggris

Mengetahui sebuah bahasa adalah hal biasa, tetapi bisa berkomunikasi denganpenutur asli itu adalah hal lain. Terapkan pembelajaran Anda dengan berlatih dengan penutur asli Bahasa Inggris!

- Iklan -

Berbicara tentang hal-hal sederhana sehari-hari akan membuat Anda lebih nyaman dengan semua aspek pembelajaran bahasa; pengucapan; circumlocution (menggunakan kata-kata lain yang serupa ketika Anda tidak tahu atau tidak dapat mengingat kata itu sendiri); pemahaman; dan seni menerjemahkan pikiran Anda ke dalam sebuah respons.

Jika Anda tidak mengenal penutur asli Bahasa Inggris, jangan khawatir. Ada banyak kelas bahasa online yang dapat membantu Anda.

Ikuti Kelas Bahasa Inggris Formal

Hal ini bisa sangat berharga untuk belajar Bahasa Inggris dari seseorang yang telah dilatih khusus. Kelas Bahasa Inggris formal akan memungkinkan Anda belajar bahasa dalam mode yang terorganisir, membantu Anda terus-menerus membangun kekuatan Anda dan menggabungkan keuntungan yang telah Anda buat sebelumnya.

- Iklan -
Baca Juga:  Perbedaan antara Air Minum Murni dan Air Mineral serta Mana yang Lebih Baik

Kelas dapat disesuaikan dan disesuaikan untuk membantu Anda mencapai tujuan individu Anda, apa pun itu. Selain itu, itu dapat memberikan sumber daya tambahan ketika Anda tampaknya tidak bisa memahami konsep tata bahasa tertentu atau frasa yang sulit.

Bekerja dengan guru Bahasa Inggris khusus dapat sangat membantu karena mereka harus mempelajari bahasa tersebut juga. Ini berarti mereka dapat memberikan bimbingan dalam hal-hal mendasar, karena kemungkinan besar mereka telah berjuang dengan hal-hal yang sama dengan Anda.

Praktek Menulis dalam Berbagai Format

Bahkan jika Anda hanya belajar Bahasa Inggris untuk perjalanan yang akan datang, Anda bisa menjadi pembelajar bahasa yang sukses dengan menuliskan pemikiran Anda, dalam berbagai format. Meskipun ya, membaca dan berbicara keras penting dalam menguasai bahasa, menulis bisa menjadi cara yang bagus untuk benar-benar memproses semua yang Anda pelajari.

Tantang diri Anda untuk menulis tentang berbagai topik, menggunakan tema yang sama dengan yang Anda pelajari di kelas. Jika Bahasa Inggris Anda sudah mahir, pertimbangkan untuk membaca artikel dari The New York Times atau surat kabar terkemuka lainnya. Artikel surat kabar bisa sangat bermanfaat dalam membantu siswa belajar Bahasa Inggris, karena berbagai topik yang dicakup.

Setelah Anda selesai menulis, mintalah penutur asli Bahasa Inggris atau guru untuk membaca apa yang telah Anda tulis. Mereka dapat memberikan umpan balik yang membangun yang akan membantu Anda belajar lebih banyak.

Lakukan Teka-teki Kata

Bagian penting dari pembelajaran bahasa adalah menguasai kosakata. Dan apa cara yang lebih baik untuk memperkuat ini selain dengan melakukan teka-teki kata, terutama dari The New York Times? Teka-teki silang memungkinkan Anda untuk memperluas kosakata Anda, berlatih ejaan Anda, dan melatih otak Anda untuk mulai berpikir dalam bahasa lain.

Uji coba sebenarnya terhadap penguasaan bahasa terjadi ketika Anda dapat berpikir dalam bahasa tersebut tanpa Anda sadari. Ketika Anda mendengar sesuatu dalam Bahasa Inggris Anda tidak ingin membuang-buang waktu untuk menerjemahkannya, tiba di respons, dan menerjemahkannya kembali ke dalam Bahasa Inggris; ini hanya akan membuat Anda kelelahan dan bingung.

Baca Juga:  Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Penuaan pada Wanita

Gunakan teka-teki silang sebagai latihan kecil namun membantu dalam membaca pertanyaan dalam Bahasa Inggris, dan merespons tanpa terlalu banyak penundaan.

Jangan Takut untuk Minta Bantuan

Saat Anda memulai perjalanan Bahasa Inggris Anda, Anda pasti akan memiliki pertanyaan. Jangan takut untuk bertanya! Penting untuk menjadi nyaman dengan mengetahui apa yang tidak Anda ketahui, dan sebuah pertanyaan sederhana kepada guru Bahasa Inggris atau penutur asli bisa membuat perbedaan besar di dunia.

Ingatlah: Setiap orang pernah menjadi pemula pada suatu waktu. Anda akan senang Anda mengumpulkan keberanian untuk bertanya, dan Anda tidak pernah tahu pelajaran apa yang akan Anda pelajari.

Pergi ke Luar Negeri

Tidak ada yang seperti menempatkan apa yang telah Anda pelajari ke dalam tindakan! Pergi ke luar negeri dan mengalami bahasa Inggris secara langsung bisa menjadi cara yang bagus tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan Anda tetapi juga untuk memperkuat kepercayaan diri Anda!

Pembelajaran bahasa seringkali bisa dipercepat dengan pergi ke luar negeri, karena Anda dipaksa untuk berkomunikasi dengan orang lain yang mungkin tidak mengerti bahasa pertama Anda. Anda tidak akan memiliki pilihan selain menggunakan kumpulan Bahasa Inggris Anda, tidak peduli seberapa dasar Anda merasa itu.

Jangan menyerah dan jangan merasa malu; kita semua manusia, dan penutur asli pasti akan menghargai saat Anda mendekati mereka dalam bahasa ibu mereka daripada mengasumsi mereka tahu bahasa Anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak dialek dan makna kata yang berbeda di seluruh dunia penutur asli berbahasa Inggris, jadi pastikan untuk mempelajari detail regional negara yang akan Anda kunjungi.

Ketika dibagi menjadi langkah-langkah kecil, belajar bahasa tidak begitu menakutkan. Lakukan dengan perlahan, dan pastikan untuk mengingat mengapa Anda melakukannya — pada akhirnya itu untuk bersenang-senang! Belajar bahasa tidak harus terasa membosankan. Pergi dan nikmati saja. Bayangkan pintu-pintu yang sekarang terbuka untuk Anda!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU