Kualitas Anak Ditentukan dari Ibu di Rumah

Oleh : Nurhayana Kamar

Kualitas seorang anak, sangat ditentukan dari pendidikan awal di rumah, yang dilakukan orang tuanya. Terutama pihak ibu.

Bila hal tersebut terperhatikan atau terpedulikan, maka anak akan tumbuh kembang dengan baik. Dan kelak menjadi orang yang sukses.

- Iklan -

Ibu Penentunya

Tumbuh kembang anak yang baik, sangat ditentukan oleh ibu Mengapa ibu yang pentunya ? Karena anak melengket terus sama ibu. Mulai dari kandungan, ibu yang tau dan memperhatikan soal gizinya. Lewat mulut ibu, gizi gizi makanan anak tersalurkan masuk ke dalam kendungan.

Lalu melahirkannya, dengan melakukan perawatannya, hingga besar dan hingga bisa mandiri.

- Iklan -

Demikian, untuk pandai berbicara, ibulah yang menentukan. Setiap hari dari detik ke detik, ibu yang mengajarinya berbicara. Hingga tiba masanya bersekolah. Ibu belum lepas pembinaannya. Anak hanya sekitar 7 jam diajari guru. Itupun hanya pelajaran sekolah. Selepas dari sekolah, masuk lagi ke peranan ibu dan bapak. Demikian seterusnya.

Akibat peranan ibu itulah, mungkin sehingga lahir pemahaman, “surga dibawah telapak kaki ibu”. Bila dosa kepada ibu, surga tertutup bagi anak. Selanjutnya kepada bapak.

Agaknya pepatah yang mengatakan, “buah jatuhnya tidak jauh dari.pohonnya”. Performans anak, adalah gambaran dari performans orang tuanya.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU