8 Sungai Terpanjang di Dunia, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?

Sungai terpanjang di dunia sudah pasti adalah sungai Nil yang memiliki panjang sekitar 6.650 kilometer. Selain sungai nil, ada banyak sungai lainnya yang memiliki panjang fantastis.

Selain panjang jaraknya, sungai-sungai terpanjang di dunia ini rata-rata memiliki nilai sejarah sejak peradaban manusia beberapa ratus tahun silam. Juga, memiliki kontribusi yang penting untuk wilayah yang dilewatinya—misalnya untuk irigasi persawahan, perkebunan dan bahkan sebagai destinasi wisata.

Yuk simak berikut ini adalah 8 sungai terpanjang di dunia yang paling populer dan memiliki nilai sejarah:

- Iklan -

1. Sungai Nil

Sungai Nil, dengan panjang sekitar 6.650 kilometer, adalah sungai terpanjang di dunia yang melintasi berbagai negara di Afrika. Mengalir dari Danau Victoria di Uganda, Sungai Nil mengalir ke arah utara melalui Sudan dan Mesir sebelum memasuki Laut Tengah.

Keberadaan sungai ini memiliki nilai sejarah bagi peradaban manusia, terutama peradaban Mesir kuno. Tidak sekedar sumber air, Sungai Nil menjadi tulang punggung bagi pertanian, perdagangan, dan transportasi di wilayah tersebut.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon, panjangnya sekitar 6.400 kilometer, terletak di Amerika Selatan dan mengalir melalui negara-negara seperti Brasil, Peru, dan Kolombia. Sungai ini adalah arteri hidrografis terbesar di dunia, membawa lebih banyak air daripada sungai-sungai lainnya yang terhubung ke Samudera Atlantik. 

- Iklan -

Sungai Amazon juga memegang keanekaragaman hayati yang luar biasa, dengan hutan hujan Amazon yang menjadi rumah bagi jutaan spesies tumbuhan dan hewan, termasuk spesies yang belum ditemukan.

Baca Juga:  6 Negara Terkecil di Dunia yang Memiliki Fakta Unik

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze, dengan panjang sekitar 6.300 kilometer, adalah sungai terpanjang di Asia dan menjadi salah satu sungai yang memiliki peran penting di Tiongkok. Sungai ini mengalir dari Pegunungan Tanggula di barat daya Tiongkok dan berakhir di Delta Sungai Yangtze yang subur di dekat Shanghai. 

Sungai Yangtze memiliki peran dalam sejarah, budaya, dan ekonomi Tiongkok. Sungai terpanjang di dunia ini tidak hanya menjadi sumber air untuk pertanian, industri, dan konsumsi manusia, tetapi juga berfungsi sebagai jalur transportasi di Tiongkok, dengan jutaan ton kargo yang diangkut setiap tahunnya.

- Iklan -

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi, memiliki panjang sekitar 6.270 kilometer, adalah sungai terpanjang di Amerika Utara. Sungai ini memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi Amerika Serikat. Sungai Mississippi menyediakan transportasi, irigasi, dan kegiatan rekreasi bagi jutaan orang di seluruh wilayahnya. 

Selain itu, sungai ini juga memiliki keanekaragaman hayati yang kaya, dengan berbagai spesies ikan dan satwa liar yang bergantung pada ekosistem sungai.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei, kurang lebih panjangnya sekitar 5.500 kilometer, adalah salah satu dari tiga sungai besar di Siberia, Rusia. 

Sungai ini sumber utamanya dari Pegunungan Sayan di Mongolia dan mengalir ke utara melalui Siberia Tengah sebelum memasuki Laut Kara di Samudra Arktik.

Yenisei memiliki peran krusial di Siberia, sungai ini menyediakan air untuk hutan boreal yang luas dan mendukung kehidupan satwa liar seperti beruang kutub, rubah, dan rusa.

Baca Juga:  6 Gunung Tertinggi di Dunia yang Paling Menantang Bagi Para Pendaki

6. Sungai Kuning

Sungai Kuning, panjangnya sekitar 5.464 kilometer, adalah sungai terpanjang kedua di Tiongkok setelah Sungai Yangtze. Sungai ini dianggap sebagai “sungai bersejarah” Tiongkok karena berperan terhadap sejarah ekonomi negara tersebut.

Sungai Kuning mengalir melalui wilayah-wilayah yang subur di Provinsi Yunnan, Sichuan, dan Henan sebelum memasuki Laut China Timur. Sungai ini adalah sumber air untuk pertanian, industri, dan konsumsi manusia di wilayah tersebut.

7. Sungai Ob-Irtysh

Sungai Ob, dengan panjang sekitar 5.410 kilometer, adalah salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan salah satu sungai paling berperan di Rusia.

Sungai Ob bermula dari pertemuan Sungai Biya dan Katun di Pegunungan Altai di bagian barat daya Siberia, Rusia. Dari sana, ia mengalir ke utara, membentuk jalur air utama yang mengalir melalui Siberia Barat. 

8. Sungai Río De La Plata

Sungai Río De La Plata, memiliki panjang sekitar 4.880 kilometer, adalah sungai terpanjang di Amerika Selatan jika dihitung dari hulu sumber airnya. Sungai ini terbentuk dari penggabungan Sungai Paraná dan Sungai Uruguay di dekat Buenos Aires, Argentina, sebelum mengalir ke Samudra Atlantik.

Itulah beberapa sungai terpanjang di dunia yang paling populer dan memiliki nilai sejarah. Setelah mengetahuinya, adakah sungai yang ingin kamu kunjungi?

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU