Sejarah Pisang Goreng, Cemilan Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Pisang goreng seperti yang diketahui dapat dikelola dengan dua cara, yakni pisang yang digoreng dengan berbalut tepung, dan pisang yang di-kupas digoreng begitu saja tanpa dibalut dengan tepung.

Selain digoreng, pisang juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan loh. Mulai dari aneka keripik, kolak, hingga menu yang sering kita jumpai di cafe yaitu pisang keju.

Tapi tahukah kamu, ternyata pisang goreng awalnya diperkenalkan oleh bangsa Portugis loh.

- Iklan -

Mereka memiliki kebiasaan menyantap pisang sebagai menu sarapan. Kebiasaan tersebut juga terbawa ketika Portugis menjajah Indonesia.

Mereka menambahkan tepung ke dalam sebuah pisang yang telah di-kupas kulitnya, kemudian digoreng.

Kebiasaan tersebut lalu menyebar di masyarakat Indonesia, dan diadopsi hingga sekarang.

- Iklan -

Seperti yang kita ketahui, pisang terdiri dari berbagai jenis. Namun tidak semuanya bisa dan cocok untuk dijadikan kudapan.

Beberapa jenis pisang yang baik untuk digoreng atau dibakar, yakni: pisang kepok, pisang raja, pisang nangka, pisang uli dan pisang tanduk.

Jenis-jenis pisang ini memiliki rasa manis yang alami dan tidak terlalu lembek, sehingga tidak akan hancur ketika digoreng atau dibakar.

- Iklan -

Kini, pisang goreng memiliki banyak varian, seperti pisang molen, pisang pasir, pisang goreng pasir, pisang kipas, pisang goreng sale, hingga pisang nugget.

Banyak juga pisang goreng yang disajikan dengan aneka topping, seperti cokelat, keju, atau gula halus.

Cemilan Terenak di Dunia

Taste Atlas adalah sebuah laman panduan wisata dan kuliner dunia yang baru-baru ini merilis daftar gorengan untuk penutup makanan terbaik di dunia. Tak disangka, gorengan asal Indonesia, pisang goreng menduduki posisi 1 dari 50 gorengan dunia.

Rupanya pisang goreng menduduki posisi puncak dengan poin penilaian 4,60. Kabar gembira ini pun disampaikan oleh Kemenparekraf RI via akun Instagram resminya.

“Di antara 50 makanan pencuci mulut yang digoreng, pisang goreng menduduki posisi No. 1 kalahkan churros dari Spanyol dan donat dari Amerika Serikat,” tulis Kemenparekraf.

Pisang goreng dari Indonesia mengalahkan 100 hidangan deep-fried desserts lainnya di seluruh dunia seperti donat dari AS, churros dari Spanyol, lokma dari Turkiye, gulab jamun dari India, dan lainnya.

Dalam keterangan Tasteastlas, pisang goreng adalah kudapan yang hampir bisa ditemui di penjuru Indonesia dan merupakan jajanan sehari-hari.

“Itu (pisang goreng) biasanya dijual di warung pinggir jalan dan gerobak, termasuk dalam kategori gorengan, makanan ringan yang digoreng dari Indonesia,” tulis Tasteastlas.

Manfaat Pisang

Buah pisang tidak hanya berguna sebagai makanan “pencuci mulut” setelah makan. Ternyata sangat banyak manfaatnya terhadap tubuh. Telah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Pisang, obat alami untuk berbagai penyakit. Bila dibandingkan dengan apel, pisang mengandung protein empat kali lipat. Karbohidrat dua kali lipat. Zat fosfor tiga kali lipat. Vitamin A dan zat besi, lima kali lipat. Kandungan vitamin dan mineral lainnya, dua kali lipat.

Baca Juga:  Mengenal Jenis-Jenis Dinosaurus dan Keunikannya

Buah Pisang juga kaya kalium, dan merupakan salah satu makanan dengan nilai terbaik. ‘’Sebuah pisang sehari, menjadikannya dokter pergi”.

Pisang mengandung tiga kali gula alami. Sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Sebuah pisang, memberikan dorongan instan pada pencernaan secara berkelanjutan dan energi substansial.

Depresi

Penelitian telah membuktikan, dengan hanya dua pisang, akan memberikan energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit.

Pisang adalah buah nomor satu bagi kebanyakan atlet terkemuka di dunia. Memang suplai energi, bukan satu-satunya yang didapatkan dari pisang.

Tetapi buah ini dapat membantu agar kita tetap fit.

Pisang juga membantu mengatasi dan mencegah sejumlah besar penyakit dan kondisi badan yang kurang fit. Pisang berguna untuk diet harian.

Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine, makan pisang sebagai bagian dari diet teratur, dapat menurunkan risiko kematian karena stroke, sebanyak 40 persen.

Menurut survei yang dilakukan MIND, di antara pasien penderita depresi, banyak yang merasakan lebih fit setelah mengonsumsi pisang.

Buah ini memang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin.

Hal ini membuat kondisi tubuh menjadi rileks, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum membuat seseorang merasa lebih nyaman.

Kandungan kalium di dalamnya adalah mineral yang paling penting, membantu menormalkan detak jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Ketika kita stres, metabolisme akan meningkat sehingga mengurangi kadar kalium. Itu bisa dinetralkan (rebalanced) dengan bantuan pisang yang tinggi kadar kaliumnya.

Untuk penderita diabetes, sebaiknya makan pisang setiap hari. Karena vitamin B6 pada pisang, akan mengontrol tingkat glukosa darah dan akan mempengaruhi suasana.

Anemia

Pisang mengandung zat besi tinggi. Dengan kandungan tersebut dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan banyak membantu dalam berbagai kasus anemia (kurang darah).

Bagi penderita tekanan darah tinggi, buah tropis ini juga sangat membantu mengatasinya.

Pisang mengandung zat kalium yang tinggi namun rendah kadar garamnya. Sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah.

Begitu banyak gunanya, sehingga US Food and Drug Administration (Departemen Pengawasan Obat dan Makanan Amerika), sudah mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi, mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

Pacu Otak

Pisang juga menambah kemampuan otak. Telah diteliti terhadap 200 siswa di sekolah Twickenham (Middlesex), sangat membantu dalam ujian, karena memakan pisang saat sarapan, istirahat dan makan siang.

Penelitian menunjukkan, buah dengan kandungan kalium tinggi, dapat membantu siswa dalam belajar. Juga membantu siswa menjadi semakin peka dalam berpikir.

Baca Juga:  Inilah 10 Daftar Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup hingga Kini

Sembelit

Karena mengandung zat fiber dalam kadar yang tinggi, dapat menormalkan kerja pencernaan. Mengatasi masalah di pencernaan sehingga BAB akan jadi lancar.

Tak hanya mengatasi masalah pencernaan. Pisang bisa digunakan sebagai bahan makanan utama untuk diet bagi penderita luka lambung.

Itu, karena teksturnya yang sangat lembut dan halus.

Pisang juga satu-satunya buah yang bisa dimakan mentah tanpa menyebabkan stres, dalam beberapa kasus penyakit yang parah.

Dapat menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk (darat, laut dan udara) dengan meminum milkshake pisang, ditambah dengan madu sebagai pemanisnya.

Minuman ini berefek, menenangkan perut. Dengan tambahan madu, akan mengontrol kadar gula darah untuk menjadi normal kembali.

Sementara campuran susu-nya akan menenangkan perut dan menata ulang sistem pencernaan.

Pisang juga menyembuhkan mulas dan sakit perut. Karena memiliki efek antasid pada tubuh.

Bila Anda merasa mules dan sakit perut melilit, cobalah makan pisang untuk mengurangi sakitnya. Juga membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

Gigitan Nyamuk

Bila terkena gigitan nyamuk, gosokkanlah bagian dalam pada kulit pisang.

Banyak orang yang sudah merasakan hebatnya kulit pisang, mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit.

Dengan kandungan vitamin B-nya dalam kadar yang tinggi, sangat membantu dalam menenangkan sistem syaraf.

Obesitas

Studi pada Institute Psikologi di Austria menemukan, tekanan pada saat kerja, menyebabkan orang sering tergiur untuk ngemil, seperti snack, coklat dan keripik.

Setelah diteliti pada 5000 pasien di rumah, ditemukan banyak orang yang menderita kegemukan yang lebih sering berada dalam tekanan kerja yang tinggi.

Banyak laporan menyimpulkan, untuk menghindari panik akibat tekanan kerja yang berlebihan dan nafsu makan yang tinggi untuk makan makanan apa pun, dampak dari kadar gulanya yang tinggi, bisa dikendalikan dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat (pisang) setiap dua jam. Agar kadar gula darah menjadi stabil.

Kutil

Mereka yang suka pada pengobatan alami, sudah banyak yang tahu bahwa pisang bisa menghilangkan atau mengecilkan kutil.

Caranya, ambil sepotong pisang, letakkan di kutil. Biarkan menempel pada kutil. Agar tidak jatuh, tahan dengan plester.

Ganti-lah pada pagi dan sore setiap hari, hingga kelihatan hasilnya.

Selain itu, bahan makanan dan kaya kandungan sebagai obat. Kulitnya, dapat mengkilapkan sepatu.

Oleskan bagian dalam kulit sepatu, kemudian gosok dengan kain kering, seperti menyemir sepatu.

Dengan begitu besarnya manfaatnya, sebaiknya harus selalu tersedia di rumah. Apalagi, tidak susah mendapatkannya. Harganya pun tidak mahal.

Hanya saja, tidak boleh disimpan di kulkas. Karena strukturnya akan berubah bila sudah dibekukan. Dan akan menghilangkan banyak manfaatnya tersebut di atas.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU