8 Teknik Dasar Permainan Sepakbola yang Wajib Dikuasai oleh Pemainnya

Sebelum belajar lebih dalam mengenai sepak bola, alangkah baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu beberapa teknik dasar permainan sepakbola. Yuk, simak sekarang juga!

Sebelum belajar lebih dalam mengenai sepak bola, alangkah baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu beberapa teknik dasar permainan sepakbola.

Teknik dasar pada permainan sepakbola merupakan serangkaian keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar dapat bermain sepak bola dengan baik dan sportif.

Keterampilan ini dapat membentuk kemampuan seorang pemain untuk mengontrol bola, bergerak di lapangan, dan berkontribusi pada permainan tim secara efektif.

- Iklan -

Berikut ini adalah beberapa terknik dasar yang wajib diketahui ketika hendak bermain sepak bola:

1. Shooting

Shooting atau tembakan merupakan salah satu teknik dasar dalam sepak bola yang memungkinkan pemain untuk mencetak gol atau membuat peluang gol bagi timnya.

Teknik ini dasarnya adalah menendang bola dengan tujuan untuk mengarahkannya ke arah gawang lawan dengan kekuatan dan akurasi yang tepat.

- Iklan -

2. Dribbling

Dribbling merupakan gerakan di mana seorang pemain menggerakkan bola menggunakan kakinya. Tujuan dari teknik dribbling ini adalah untuk mengontrol pergerakan bola saat pemain berada di lapangan.

Dribbling juga sangat berguna saat pemain ingin membawa bola ke area gawang tanpa harus mengoperkannya kepada rekan satu tim. Ada dua jenis utama dari teknik dribbling, yaitu speed dribbling dan close dribbling.

3. Menghentikan Bola

Teknik dasar permainan sepakbola selanjutnya adalah teknik menghentikan bola. Selain menggiring bola, seorang pemain bola juga harus bisa menghentikan pergerakan lawannya dengan cara menghentikan bola yang dikuasai lawan.

- Iklan -
Baca Juga:  Kisah Inspiratif Kurniawan Dwi Yulianto, Asisten Pelatih Como 1907

Teknik ini menjadi salah satu taktik penting dalam bermain sepak bola karena dapat mengontrol ritme permainan dan dapat menghentikan serangan lawan.

Untuk menghentikan bola, pemain dapat menggunakan berbagai bagian tubuh, termasuk kaki, paha, dada, kepala, dan perut.

4. Lemparan Ke Dalam

Teknik dasar permainan sepakbola selanjutnya adalah teknik lemparan ke dalam, yang digunakan saat bola keluar dari lapangan. Ini adalah momen penting di mana tim dapat memulai kembali permainan dengan memberikan bola kepada rekan satu tim mereka.

Ketika bola keluar dari lapangan, pemain yang bertugas melemparkan bola ke dalam harus segera bersiap. Ambil bola menggunakan kedua tangan dan posisikan diri di samping garis lapangan, baik itu di sisi kiri atau kanan lapangan, tergantung dari mana bola keluar.

5. Passing

Passing adalah salah satu teknik memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lain yang masih satu tim. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh lainnya untuk mengoper bola. Kecuali tangan, karena ini merupakan pelanggaran.

Umumnya, pemain akan mengoper bola dengan menggunakan bagian dalam kaki karena area bagian dalam kaki lebih luas dan memungkinkan untuk memberikan operan yang lebih akurat dibandingkan dengan bagian lain seperti punggung kaki.

Passing dapat dibagi menjadi dua jenis utama: short passing atau operan pendek, dan long passing atau operan jauh.

6. Heading

Teknik heading atau menyundul bola merupakan keterampilan sepak bola yang digunakan ketika bola berada pada ketinggian di atas kepala.

Baca Juga:  Profil Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Terkaya di Italia, Como 1907

Ini adalah salah satu teknik yang sering dilakukan oleh para pemain sepak bola di lapangan. Meskipun terlihat sederhana, namun teknik ini memerlukan prinsip-prinsip akurasi agar lebih efektif dan aman.

7. Juggling

Teknik juggling merupakan keterampilan yang digunakan oleh pemain sepak bola untuk meningkatkan kontrol bola mereka. Ini merupakan salah satu teknik dasar permainan sepakbola.

Teknik ini dilakukan dengan mengangkat bola menggunakan berbagai bagian tubuh, terutama kaki, dan bertujuan untuk menjaga bola tetap berada di udara tanpa jatuh ke tanah.

Proses melakukan teknik juggling dimulai dengan memegang bola di depan dada atau ditempatkan di tanah. Pemain kemudian menggunakan bagian atas kaki, paha, atau bahkan kepala untuk mengangkat bola ke udara.

8. Sliding Tackle

Teknik menyapu bola, yang juga dikenal sebagai sliding tackle, merupakan keterampilan pertahanan yang digunakan oleh pemain sepak bola untuk merebut bola dari lawan. 

Teknik ini dilakukan dengan gerakan meluncur atau menyapu tubuh ke depan untuk mencapai bola dan menghalangi serangan lawan. Meskipun efektif, teknik ini memiliki risiko tertentu dan dapat mengakibatkan kartu pelanggaran jika tidak dilakukan dengan tepat.

Itulah beberapa teknik dasar permainan sepakbola yang wajib dikuasai oleh pemainnya. Setelah mengetahuinya, apakah kamu sudah siap untuk bermain sepak bola?

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU