Action Verb, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Kalimat

Ada beberapa jenis verb yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris salah satunya adalah Action verb. Action verb adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Action Verb, Jenis Action Verb dan Fungsi Action verb dalam kalimat.

Pengertian Action Verb

Dalam bahasa Inggris, “action verb” (kata kerja aksi) adalah verb yang menyatakan tindakan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Ini adalah jenis kata kerja yang menjelaskan aktivitas atau gerakan yang dilakukan oleh seseorang atau sesuatu. Contohnya:

  1. “She runs every morning.” (Dia berlari setiap pagi.)
  2. “He plays the guitar.” (Dia bermain gitar.)
  3. “The cat jumped over the fence.” (Kucing itu melompat melewati pagar.)

Dalam setiap contoh di atas, “runs”, “plays”, dan “jumped” adalah action verbs karena mereka menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek (“She”, “He”, “The cat”).

- Iklan -

 

Jenis Action Verb

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa jenis action verb yang dapat dikelompokkan berdasarkan sifat atau karakteristik tindakan yang mereka gambarkan. Berikut adalah beberapa jenis action verb dalam bahasa Inggris:

  1. Physical Action Verbs: Verba yang menggambarkan tindakan fisik yang dilakukan oleh subjek. Contohnya: “run” (berlari), “jump” (melompat), “eat” (makan), “dance” (menari).
  2. Mental Action Verbs: Verba yang menggambarkan tindakan mental atau proses kognitif yang dilakukan oleh subjek. Contohnya: “think” (berpikir), “learn” (belajar), “remember” (mengingat), “imagine” (membayangkan).
  3. Emotional Action Verbs: Verba yang menggambarkan tindakan yang terkait dengan emosi atau perasaan subjek. Contohnya: “cry” (menangis), “laugh” (tertawa), “smile” (tersenyum), “frown” (mengerutkan kening).
  4. Communicative Action Verbs: Verba yang menggambarkan tindakan berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Contohnya: “speak” (berbicara), “listen” (mendengarkan), “write” (menulis), “ask” (bertanya).
  5. Social Action Verbs: Verba yang menggambarkan tindakan yang terjadi dalam konteks sosial atau hubungan antarindividu. Contohnya: “invite” (mengundang), “help” (membantu), “greet” (menyapa), “apologize” (meminta maaf).
  6. Routine Action Verbs: Verba yang menggambarkan tindakan yang dilakukan secara teratur atau dalam rutinitas sehari-hari. Contohnya: “wake up” (bangun), “brush teeth” (menyikat gigi), “go to work” (pergi bekerja), “sleep” (tidur).
Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD MI Halaman 3, 4, 6, 7, Tematik Subtema 1 Suhu dan Kalor

Setiap jenis action verb ini menggambarkan berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan oleh subjek dalam berbagai konteks dan situasi.

- Iklan -

 

Fungsi Action Verb

Fungsi dari action verb (kata kerja aksi) dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menggambarkan Tindakan: Action verb memberikan informasi tentang tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Mereka menjelaskan apa yang sedang dilakukan subjek atau objek dalam suatu konteks tertentu.

    Contoh: “She runs every morning.” (Dia berlari setiap pagi.)

  2. Memberikan Keterangan Waktu: Beberapa action verb membantu dalam menyampaikan informasi tentang kapan suatu tindakan terjadi. Mereka bisa menunjukkan waktu sekarang (present), masa lalu (past), atau masa depan (future).

    Contoh: “They played basketball yesterday.” (Mereka bermain bola basket kemarin.)

  3. Membentuk Kalimat Aktif: Action verb membantu membentuk kalimat aktif, di mana subjek melakukan tindakan terhadap objek atau dirinya sendiri. Ini memungkinkan kalimat menjadi lebih langsung dan jelas.

    Contoh: “The cat chased the mouse.” (Kucing itu mengendus tikus.)

  4. Memberikan Kekuatan dan Dinamika: Action verb dapat memberikan kekuatan dan dinamika pada kalimat, membuat tulisan lebih hidup dan menarik bagi pembaca dengan menggambarkan aktivitas yang berlangsung.

    Contoh: “The storm rages outside.” (Badai mengamuk di luar.)

  5. Membantu Menyusun Cerita: Dalam narasi atau cerita, action verb membantu dalam mengembangkan plot dengan menjelaskan gerakan atau tindakan karakter. Mereka memberikan kejelasan dalam penceritaan.

    Contoh: “He discovered a hidden treasure.” (Dia menemukan harta tersembunyi.)

Dengan demikian, action verb memainkan peran penting dalam membentuk struktur kalimat, menyampaikan informasi tentang tindakan, dan memperkaya narasi atau deskripsi dalam tulisan.

- Iklan -

Itulah penjelasan lengkap mengenai Pengertian Action Verb, Jenis Action Verb dan Fungsi Action verb dalam kalimat yang telah dirangkum oleh Fajar Pendidikan.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Verb (Kata Kerja) dalam Bahasa Inggris
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU