Teks Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Sedekah dan Keutamannya’

FAJAR Pendidikan

Teks Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Sedekah dan Keutamannya’. Saat ini ceramah singkat atau kultum (kuliah tujuh menit) Ramadhan 2022 lebih banyak dipilih oleh pengkhutbah.

Selain tidak memakan waktu, ceramah singkat atau kultum lebih menarik karena penyampaiannya tidak bertele-tele dan bisa menyentuh hati yang mendengarkan. Di bawah ini, dilansir dari laman BERITA DIY telah menyiapkan contoh teks ceramah singkat atau kultum Ramadhan 2022 menyentuh hati tentang sedekah dan keutamaannya.

Adapun teks ceramah singkat atau kultum Ramadhan 2022 menyentuh hati tentang sedekah dan keutamaannya di bawah ini dikutip dari laman PA Koto Baru dan disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Koto Baru Rina Eka Fatma, S.H.I., M.Ag.

Teks ceramah singkat atau kultum Ramadhan 2022 menyentuh hati tentang sedekah dan keutamaannya:

‘Sedekah dan Keutamannya’

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin. Washalatu wassalamu ‘ala sayyidina Muhhamadin. Wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du.

BACA JUGA :   Kenapa Umat Muslim Marah Ketika Rasulullah SAW Dihina?

Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat ilahi rabbi, Tuhan semesta alam yang telah menciptakan kita semua.

Tak lupa shalawat beserta salam marilah kita curah limpahkan ke hadirat baginda Nabi Muhammad Saw, yang akan memberikan kita syafaat di yaumul akhir.

Salah satu ibadah utama di bulan Ramadhan adalah sedekah. Islam menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Sedekah bukan hanya berupa harta tapi juga bisa berupa perbuatan.
Menyingkirkan duri di jalan dan menyampaikan ilmu juga termasuk sedekah. Memberikan senyuman juga sedekah.

Tidak akan berkurang harta orang yang bersedekah, secara zahir memang berkurang namun sebenarnya harta itu bertambah.

Allah SWT akan menambahkan karunianya dan menggantikan harta yang telah disedekahkan itu melalui berbagai jalan.

Allah SWT berfirman dalam Surat al-Baqarah ayat 261 yang berbunyi:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

BACA JUGA :   Hukum Berkurban untuk Keluarga yang Telah Meninggal, Bolehkah?

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia Kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui”.

Di antara keutamaan sedekah adalah:

1. Dapat menghapus dosa. Nabi SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. Akan tetapi bukan berarti dosa-dosa akan terhapus begitu saja tanpa disertai dengan taubat dan perbuatan yang baik.

2. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda sebagaimana terdapat dalam firman Allah SWT Surat al-Baqarah ayat 245 dan Surat al Hadid ayat 18. “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak” (Surat al Hadid ayat 18).

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI