Adverbs of Manner, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis adverbs yang umum digunakan. Adverbs of Manner adalah salah satu jenis adverbs yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Adverbs of Manner , Jenis Adverbs of Time dan Fungsi Adverbs of Manner dalam kalimat.

Pengertian Adverbs of Manner

Adverbs of Manner dalam bahasa Inggris adalah kata-kata yang memberikan informasi tentang bagaimana suatu kegiatan dilakukan atau bagaimana suatu keadaan terjadi. Mereka memberikan tambahan deskripsi tentang cara suatu tindakan dilakukan. Beberapa contoh Adverbs of Manner meliputi:

  1. Quickly (dengan cepat)
  2. Slowly (dengan lambat)
  3. Carefully (dengan hati-hati)
  4. Efficiently (dengan efisien)
  5. Badly (dengan buruk)

Adverbs of Manner membantu memberikan gambaran tentang bagaimana suatu kegiatan dilakukan dan memungkinkan pembicara atau penulis untuk mengekspresikan nuansa atau sikap yang terkait dengan tindakan tersebut.

- Iklan -

Jenis Adverbs of Manner

Tentu, berikut adalah beberapa jenis Adverbs of Manner dalam bahasa Inggris:

  1. Adverbs of Speed: Kata-kata yang menggambarkan kecepatan atau lambatnya suatu tindakan, seperti “quickly” (dengan cepat), “slowly” (dengan lambat), “rapidly” (dengan cepat), “gradually” (secara perlahan), “swiftly” (dengan cepat).
  2. Adverbs of Skill: Kata-kata yang menggambarkan tingkat keterampilan atau keahlian dalam melakukan suatu tindakan, seperti “skillfully” (dengan mahir), “expertly” (dengan keahlian), “clumsily” (dengan canggung), “carefully” (dengan hati-hati), “sloppily” (dengan kurang rapi).
  3. Adverbs of Degree: Kata-kata yang menggambarkan sejauh mana suatu tindakan dilakukan, seperti “very” (sangat), “extremely” (sangat), “partially” (sebagian), “completely” (sepenuhnya), “partly” (sebagian), “barely” (hampir tidak).
  4. Adverbs of Politeness: Kata-kata yang menunjukkan tingkat kesopanan atau sopan santun dalam melakukan suatu tindakan, seperti “politely” (dengan sopan), “rudely” (dengan kasar), “respectfully” (dengan hormat), “impolitely” (dengan tidak sopan).
  5. Adverbs of Emotion: Kata-kata yang menggambarkan emosi atau perasaan yang terkait dengan suatu tindakan, seperti “happily” (dengan gembira), “sadly” (dengan sedih), “excitedly” (dengan bersemangat), “anxiously” (dengan cemas), “calmly” (dengan tenang).
  6. Adverbs of Effort: Kata-kata yang menggambarkan tingkat usaha atau upaya yang dilakukan dalam suatu tindakan, seperti “hard” (dengan keras), “easily” (dengan mudah), “gently” (dengan lembut), “strenuously” (dengan sungguh-sungguh), “lightly” (dengan ringan).
Baca Juga:  20 Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka, Yuk disimakk

Adverbs of Manner membantu dalam memberikan deskripsi tentang cara suatu tindakan dilakukan dan memungkinkan pembicara atau penulis untuk menyampaikan nuansa dan detail yang lebih kaya tentang kegiatan tersebut.

Fungsi Adverbs of Manner

Fungsi Adverbs of Manner dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

- Iklan -
  1. Memberikan Informasi Tentang Cara Melakukan Suatu Tindakan: Adverbs of Manner memberikan informasi tentang bagaimana suatu tindakan dilakukan atau cara di mana suatu kejadian terjadi. Mereka membantu untuk menjelaskan proses atau cara suatu peristiwa terjadi.
  2. Menambahkan Deskripsi dan Detail: Dengan menggunakan Adverbs of Manner, pembicara atau penulis dapat menambahkan deskripsi dan detail yang lebih kaya tentang kegiatan yang sedang dilakukan. Hal ini membuat kalimat lebih hidup dan lebih deskriptif.
  3. Menggambarkan Perasaan atau Emosi: Beberapa Adverbs of Manner juga bisa menggambarkan perasaan atau emosi yang terkait dengan suatu tindakan. Misalnya, “She sang happily” (Dia menyanyi dengan gembira) mengindikasikan bahwa dia merasa senang ketika menyanyi.
  4. Memberikan Nuansa atau Warna Bahasa: Penggunaan Adverbs of Manner bisa memberikan nuansa atau warna bahasa dalam kalimat. Misalnya, “She spoke softly” (Dia berbicara dengan lembut) memberikan kesan bahwa suara pembicaraan tersebut lembut atau tenang.
  5. Meningkatkan Kekasihan Bahasa: Dengan menggunakan Adverbs of Manner, pembicara atau penulis dapat mengekspresikan diri secara lebih spesifik dan tepat, sehingga meningkatkan kekayaan bahasa dalam komunikasi.
  6. Membantu Pemahaman: Adverbs of Manner membantu pendengar atau pembaca untuk lebih memahami bagaimana suatu kegiatan dilakukan atau bagaimana suatu peristiwa terjadi, sehingga meningkatkan kejelasan dan kejelasan pesan yang disampaikan.
Baca Juga:  Intransitive Verbs, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Dengan demikian, Adverbs of Manner adalah alat penting dalam bahasa Inggris yang membantu untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang cara atau proses suatu tindakan dilakukan, serta untuk menambahkan detail dan nuansa dalam komunikasi.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU