Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 14, 15, dan 16 Pembelajaran 1

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 14, 15, dan 16 Pembelajaran 1, Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas 4 SD/MI.

Dilansri dari laman PortalJember.com dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Negeri Padang, M. Shahid Anggi, S.Pd.Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 14, 15, dan 16 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 3

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?

Di bawah ini adalah alternatif jawaban yang bisa dijadikan panduan untuk menemukan jawaban versi adik-adik sendiri seperti berikut.

Alternatif jawaban:

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai budaya selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 4-5

Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Alternatif jawaban:

Paragraf 2

Gagasan Pokok: Budaya Maluku sangat unik dan menarik.

Gagasan Pendukung:

1. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan.

2. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele.

3. Baju Cele terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah.

4. Tifa adalah alat musik dari Maluku.

5. Bunyi Tifa seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang.

Perhatikan diagram berikut ini! Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

BACA JUGA :   Fungsi Usus Halus Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Alternatif jawaban:

Paragraf 3

Gagasan Pokok: Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda.

Gagasan Pendukung:

1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya.

2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam.

3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

Paragraf 4

Gagasan Pokok: Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Gagasan Pendukung:

1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko.

2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku.

3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya.

4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.

5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 6

Paragraf 5

Gagasan Pokok: Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam, kaya, dan mengagumkan.

Gagasan Pendukung:

1. Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya.

2. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun.

3. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 7

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Alternatif jawaban:

Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 9, 10, 11, 14 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 8

*Ayo Berlatih*

Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

Alternatif jawaban:

Tabel nama siswa, daerah asal, dan ciri khas daerah.
Tabel nama siswa, daerah asal, dan ciri khas daerah. PORTAL JEMBER/Shahid Anggi

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!

Alternatif jawaban: Tidak, beberapa teman saya berasal dari tempat yang berbeda.

2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!

Alternatif jawaban: Tidak, ciri khas daerah kami berbeda-beda.

3.Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?

Alternatif jawaban: Sikap yang seharusnya kita tunjukkan terhadap perbedaan yang ada adalah dengan menghormati, menghargai semua perbedaan yang ada.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 halaman 9

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

Alternatif jawaban:

Tabel sikap menghargai keberagaman.

Kamu juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu ketahui.

Alternatif jawaban:

Tabel sikap tidak menghargai keberagaman.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI