Agar Guru Profesional, Ambo Dalle Berpesan Kuasai Ini

FAJAR Pendidikan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Bone Ambo Dalle mengungkap sejumlah pesan penting saat momentum peringatan Hari Guru Nasional pada Rabu 25 November 2020 ini. Pesan penting Wabup itu tentang apa seharusnya dikuasai seorang guru profesional.

Menurut Wabup, seorang guru profesional setidaknya harus menguasai tentang Ilmu Psikologi, Pedagogik, dan Didaktik. Ia mengakui memang ini tidak mudah, akan tetapi apabila disertai usaha yang sungguh-sungguh tidaklah menjadi kendala.

Sebagaimana dilansir di website Pemkab Bone lanjut menjelaskan, dari ilmu psikologi seorang guru bisa memahami karakter murid-muridnya. Ia harus bisa menjiwai setiap perilaku murid atau siswanya.

BACA JUGA :   Prof Agus Salim Terpilih Kembali Jadi Rektor UKI Paulus Makassar Periode 2023-2028

Dari segi pedagogik seorang guru harus memiliki ilmu mengajar, dengan filosofi mengajar dapat diterapkan yang dilatarbelakangi pengetahuan dan pengalamannya termasuk penguasaan materi.

Selain itu, seorang guru harus memiliki ilmu mendidik atau didaktik, yaitu dituntut adanya hasil dalam proses belajar-mengajar yang efektif dan berdaya guna.

Terakhir Wabup dua periode itu berpesan kepada seluruh guru dan tenaga pendidik lainnya, bahwa bekerja sebagai guru adalah pengabdian, guru adalah pahlawan ilmu tanpa tanda jasa.

BACA JUGA :   HUT RI ke-77 Tahun, Panitia Tanete Riaja Mengunakan Angaran dengan Sukarela

“Oleh karena itu jangan pernah berhenti belajar demi peningkatan kualitas pendidikan. Teruslah berjuang dan saya sampaikan salam hormat dan penghargaan setinggi-tingginya,” pungkasnya.

Diketahui, Wabup yang Ketua PGRI Kabupaten Bone itu sangat memahami tentang masalah pendidikan, guru dan siswa, karena ia pernah berprofesi sebagai guru. Ia mengawali karirnya di dunia pendidikan sehingga suka dan duka berdiri di depan kelas sangat diselami dan dipahaminya.

Reporter: Abustan

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI