Selasa, Januari 19, 2021

Agar Guru Profesional, Ambo Dalle Berpesan Kuasai Ini

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Wakil Bupati (Wabup) Bone Ambo Dalle mengungkap sejumlah pesan penting saat momentum peringatan Hari Guru Nasional pada Rabu 25 November 2020 ini. Pesan penting Wabup itu tentang apa seharusnya dikuasai seorang guru profesional.

Menurut Wabup, seorang guru profesional setidaknya harus menguasai tentang Ilmu Psikologi, Pedagogik, dan Didaktik. Ia mengakui memang ini tidak mudah, akan tetapi apabila disertai usaha yang sungguh-sungguh tidaklah menjadi kendala.

Sebagaimana dilansir di website Pemkab Bone lanjut menjelaskan, dari ilmu psikologi seorang guru bisa memahami karakter murid-muridnya. Ia harus bisa menjiwai setiap perilaku murid atau siswanya.

Dari segi pedagogik seorang guru harus memiliki ilmu mengajar, dengan filosofi mengajar dapat diterapkan yang dilatarbelakangi pengetahuan dan pengalamannya termasuk penguasaan materi.

Selain itu, seorang guru harus memiliki ilmu mendidik atau didaktik, yaitu dituntut adanya hasil dalam proses belajar-mengajar yang efektif dan berdaya guna.

Terakhir Wabup dua periode itu berpesan kepada seluruh guru dan tenaga pendidik lainnya, bahwa bekerja sebagai guru adalah pengabdian, guru adalah pahlawan ilmu tanpa tanda jasa.

“Oleh karena itu jangan pernah berhenti belajar demi peningkatan kualitas pendidikan. Teruslah berjuang dan saya sampaikan salam hormat dan penghargaan setinggi-tingginya,” pungkasnya.

Diketahui, Wabup yang Ketua PGRI Kabupaten Bone itu sangat memahami tentang masalah pendidikan, guru dan siswa, karena ia pernah berprofesi sebagai guru. Ia mengawali karirnya di dunia pendidikan sehingga suka dan duka berdiri di depan kelas sangat diselami dan dipahaminya.

Reporter: Abustan

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

Opini : Potensi Unggul Generasi Terancam Demi Korporasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bersama Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka menyelenggarakan program Bangun Kualitas...

REKOMENDASI