Akhiri Puasa Ramadhan dengan Bergembira

FAJAR Pendidikan


FAJARPENDIDIKAN.co.id – Ada firman Allah tentang mengakhiri puasa Ramadhan. “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (Q.S. 10 : 58).

Hari Raya Idul Fitri yang menandai kembalinya manusia pada fitrahnya, memang patut dirayakan. Nabi Muhammad SAW, juga ikut merayakannya, namun dengan tidak berlebihan.

Datangnya Idul Fitri, sebaiknya disambut dengan perasaan yang gembira. Anas radiyaalahu anhu meriwayatkan : Rasulullah Muhammad SAW datang ke Madinah. Pada saat itu penduduk Madinah memiliki dua hari, dimana bermain main (bersenang – senang) pada kedua hari tersebut. Radulullah bertanya : Dua hari apakah ini ? “Pada masa jahiliyah, kami bersenang senang pada kedua hari ini”, jawab mereka.

Rasulullah Muhammad SAW kemudian bersabda : ” Sesungguhnya Allah telah menggantikan bagi kalian yang lebih baik dari kedua hari tersebut, yaitu hari Idul Adha dan Iedul Fithri”, (HR.Ahmad). (dari berbagai sumber: ANA)

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Minggu 25 September 2022: Persiapan Melayani (2): Bukan Soal Semangat

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA