ADV A1

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat menghapus kesalahan atau dosa yang telah diperbuat, asalkan dilakukan dengan iman dan mengharapkan pahala dari ridha Allah SWT.Puasa pada bulan Ramadan merupakan pelaksanaan dari rukun islam yang keempat.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ قَالَ ، قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعَمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللّٰهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي . لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ . وَلَخُلُوفُ فِيهِ (فَمِهِ)  أَطْيَبُ عِنْدَ اللّٰهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ. (رواه البخاري/٥٩٢٧ ومسلم/١١٥١) واللفظ له.

Artinya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasûlullâh Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda: “Semua amalan anak cucu Adam dilipatgandakan kebaikan sepuluh kali semisalnya sampai tujuh ratus kali,” berfirman Allah ‘Azza wa Jalla:  “kecuali puasa karena sesungguhnya ia diperuntukkan bagi-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.” Dia meninggalkan syahwatnya dan makanannya untuk mencari ridho-Ku. Bagi orang yang berpuasa dia mendapatkan dua kegembiraan: Tatkala berbuka dan bertemu dengan Robnya. Dan bau mulutnya disisi Robnya lebih harum daripada minyak miski.” (HR. Imam Bukhari/5927 dan Imam Muslim/1151) dan redaksi darinya.

BACA JUGA :   10 Ayat Surat Al Kahfi, Begini Keutamaan Baca di Hari Jumat

Pelajaran yang terdapat pada hadits di atas :

1. Keutamaan puasa begitu besar kedudukannya di sisi Allah Subhana wa Ta’ala.

2. Di sini ada empat fadhilah puasa yang begitu banyak.

3. Sesungguhnya disempurnakan pahala puasa tanpa bisa dihisap saking banyaknya.

4. Sesungguhnya Allah akan melipat gandakan pahala puasa semau-Nya dibandingkan dengan amal-amal lainnya.

5. Orang yang berpuasa akan memperoleh dua kegembiraan: (1) bergembira ketika berbuka dan (2) bergembira besuk tatkala bertemu Robnya dengan pahala yang diberikan kepadanya.

6. Bau mulut orang yang berpuasa besuk di hari qiamat labih harum dari minyak misik.

Tema hadits yang berkaitan dengan ayat Al-Qur’an :

1. Puasa ada di situ semua kesabaran maka balasan pahala di sisi Allah luar biasa.

Al-Auza’iy mengatakan bahwa pahala mereka tidak ditukar ataupun ditimbang melainkan diberikan secara borongan tanpa perhitungan.

BACA JUGA :   Niat Puasa Syawal dan Keutamaannya, Jangan Terlewatkan

Ibnu Juraij mengatakan bahwa pahala mereka tidak diperhitungkan melainkan ditambah terus-menerus;

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ ۞

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

وَاللّٰهُ أَعلَمُ بِالصَّوَابِ…

Semoga kita senantiasa dikaruniai ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh, karena hanya Allah-lah yang memberi taufiq dan hidayah. Aamiin…

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1442 H. Semoga diterima dan diridhai Allah SWT. Aaamiin.

DO’A PUASA RAMADHAN HARI KE-7 :

اَللَّهُمَّ أَعِنِّيْ فِيْهِ عَلَى صِيَامِهِ وَ قِيَامِهِ وَ جَنِّ بْنِيْ فِيْهِ مِنْ هَفَوَاتِهِ وَ آثَامِهِ وَ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ ذِكْرَكَ بِدَوَامِهِ بِتَوْفِيْقِكَ يَا هَادِيَ الْمُضِلِّيْنَ.

Allâhumma a’innî fîhi ‘alâ shiyâmihi wa qiyâmihi wa jannibnî fîhi min hafawâtihi wa âtsâmihi warzuqnî fîhi dzikrika bidawâmihi bitaufîqika Yâ hâdiyal mudhillîn.

Artinya :

“Ya Allah, bantulah aku untuk berpuasa dan shalat malam serta jauhkan aku dari kesia-siaan dan perbuatan dosa. Anugrahi aku di dalamnya dengan dawamnya ingat pada-Mu dengan taufik-Mu wahai yang menunjuki orang tersesat.” Aaamiin.(ZUL)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI