Amalan Sunah Sholat Idul Adha Berserta Hadisnya

FAJAR Pendidikan

Umat Islam di seluruh dunia bakal melaksanakan Sholat Idul Adha secara berjamaah pada 10 Dzulhijjah atau saat Hari Raya Idul Adha. Anda bisa melaksanakan Sholat Idul Adha di masjid atau tanah lapang terdekat pada pagi hari. Berikut Amalan Sunah Sholat Idul Adha yang bisa Anda amalkan.

Tak hanya melaksanakan Sholat Idul Adha sesuai tata cara yang ada, dianjurkan melakukan amalan sunah lainnya. Berikut amalan sunah Sholat Idul Adha yang bisa Anda laksanakan

1. Mandi Sebelum Salat Idul Adha

Jangan lupa untuk mandi sebelum Sholat Idul Adha. Selain membuat tubuh bersih dan wangi, mandi sebelum Sholat Idul Adha adalah salah satu sunah. Rasulullah SAW biasa mandi terlebih dahulu sebelum berangkat Sholat Idul Adha, berikut hadisnya:

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Minggu 2 Oktober 2022: Sekiranya Kamu Mempunyai Iman

Artinya: “Rasulullah SAW biasa mandi pada hari raya Idulfitri dan Idul Adha.” (HR Ibnu Majah)

2. Gunakan Pakaian Terbaik

Setelah mandi, Rasulullah SAW mengenakan pakaian terbaiknya untuk Sholat Idul Adha. Beliau juga memerintahkan hal tersebut kepada para sahabat, seperti penjelasan pada hadis berikut:

Artinya: “Pada dua hari raya, Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk memakai yang terbaik dari apa yang kita miliki.” (HR Hakim)

3. Pakai Wangi-wangian

Sebenarnya memakai wangi-wangian adalah hal yang mungkin tak pernah Anda lewatkan, seperti saat melaksanakan Sholat Jumat. Memakai wangi-wangian juga dilakukan Rasulullah SAW sebelum berangkat Sholat Idul Adha.

Selain itu, dianjurkan juga untuk memotong rambut dan kuku, dan menghilangkan bau-bau yang tidak enak untuk memperoleh keutamaan hari Idul Adha.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Rabu 28 September 2022: Aku akan Mengikuti Engkau ke mana pun Engkau Pergi

4. Mengumandangkan Takbir

Mengumandangkan takbir di masjid, musala, dan rumah-rumah pada malam hari raya, dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhotbah pada saat Sholat Idul Adha. Bacaannya sama seperti takbir pada saat Idul Fitri.

5. Jalan Kaki Menuju Tempat Salat

Terakhir, disunahkan untuk berjalan kaki baik saat pergi maupun pulang Sholat Idul Adha. Sebaiknya Anda tidak naik kendaraan menuju lokasi Sholat Idul Adha kecuali ada hajat, misal lokasi yang sangat jauh. Berikut penjelasannya dalam hadis dari Ibnu Umar RA:

Artinya: “Rasulullah SAW biasa berangkat Sholat Id dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang.” (HR Ibnu Majah)

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA