Anti Plagiarisme, Mahasiswa Unibos Tingkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Menulis artikel ilmiah memang merupakan salah satu hal penting, tidak hanya bagi tenaga pengajar, tetapi juga bagi mahasiswa. Demi meningkatkan kualitas publikasi artikel ilmiah, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bosowa (Unibos) gelar bimbingan teknik di Laboratorium Microteaching Unibos, Kamis, 14 Maret 2019.

Bimbingan teknik yang digelar ini diusung dengan tujuan meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dan mencegah plagiarisme di kalangan mahasiswa. Dengan menghadirkan pemateri yang merupakan Dosen Unibos, Dr Sutia Budi yang memberikan pembahasan mengenai penggunaan reference management tools.

Baca Juga:  BEM Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Unifa Gelar Latihan Kepemimpinan

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 mahasiswa itu, digelar oleh Lembaga Jurnal FKIP Unibos dan diharapkan mahasiswa mengetahui cara sitasi yang benar terutama bagaimana melakukan sitasi melalui sumber artikel ilmiah dari dosen dalam lingkup Unibos.

- Advertisement -

Hal tersebut juga diungkapkan Dekan FKIP Unibos, Dr Asdar. โ€œSelain peningkatan kualitas publikasi dan artikel ilmiah mahasiswa, ini juga kami usung dengan harapan dapat membantu peningkatan peringkat perguruan tinggi,โ€ ujar Asdar.

Baca Juga:  479 Mahasiswa IAIN Bone PPL di 69 Sekolah, Ini Pesan Rektor

Semoga kedepan, sambungnya, mahasiswa Unibos dapat lebih berkontribusi dalam publikasi jurnal ilmiah nasional tidak terakreditasi dan nasional terakreditasi.

โ€œDan kedepan, mahasiswa yang telah kami latih ini bisa menularkan ilmu pengetahuannya kepada mahasiswa Unibos lainnya,โ€ katanya.

- Advertisement -

โ€œSelain semangat dalam menulis, sebenarnya mahasiswa juga sangat penting untuk mengetahui teknik menulis artikel ilmiah yang benar. Beberapa teknik dasarnya yaitu bagaimana cara mensitasi artikel dan penggunaan referensi atau daftar pustaka yang benar,โ€ jelas Sutia Budi dalam pemaparan materinya.(*)

- Advertisement -

BERITA TERBARU