ADV A1

Apa Ikan Bisa Capek Berenang?

FAJAR Pendidikan

Meskipun kelihatannya ikan-ikan di laut suka sekali berenang ke sana–sini, ternyata ikan juga bisa capek berenang, lho.

Ikan sama dengan makhluk hidup lainnya yang membutuhkan oksigen untuk bernapas. Dengan begitu, wajar saja kalau ikan merasa capek berenang, karena oksigen yang dibutuhkannya tidak tersedia cukup di lingkungan sekitarnya.

Menurut penelitian, ada 30.000 jenis ikan di bumi. Masing-masing jenis ikan bisa capek atau kelelahan dengan cara yang berbeda-beda. Contohnya ikan salmon yang bisa kelelahan setelah berenang mengikuti arus cepat atau ketika meluncur di atas air terjun.

BACA JUGA :   Apa itu Agama Tentatif? Agama yang Viral di Media Sosial

Apa ikan juga terengah-engah kecapean seperti manusia? Jawabannya tidak. Ikan punya ciri khas sendiri ketika sedang kelelahan. Jika merasa lelah, otot-otot ikan  lah yang akan terasa capek, lalu mulai kehabisan napas.

Umumnya, ikan-ikan yang hidup di perairan tropis, seperti Indonesia lah yang paling sering kelelahan karena kadar oksigen yang sulit didapatkan. Untuk beradaptasi dengan lingkungannya, ikan-ikan di perairan tropis memiliki kemampuan untuk bernafas pendek.

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

Ikan-ikan di perairan tropis ini punya sistem pernapasan yang dinamakan “aquatic surface respiration ”. Caranya, ikan harus berenang ke permukaan air paling atas untuk mengambil oksigen. Ada juga beberapa jenis ikan yang akan melompat keluar air untuk mengambil oksigen.

Jika ikan merasa capek berenang, mereka akan berenang diam di permukaan laut untuk mengumpulkan tenaganya lagi.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI