ADV A1

Apa Itu Hepatitis A, B, C, D, dan E? Simak Penjelasannya

FAJAR Pendidikan

Hepatitis adalah sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati. Hepatitis dapat terbagi menjadi dua kategori, yaitu hepatitis akut dan hepatitis kronis. Hepatitis yang terjadi kurang dari 6 bulan dapat disebut sebagai hepatitis akut. Sedangkan, hepatitis yang lebih dari 6 bulan disebut dengan hepatitis kronis.

Peradangan hati karena hepatitis memiliki kemungkinan menjadi fibrosis atau jaringan parut, sirosis, hingga kanker hati. Penyebab paling umum yang menyebabkan hepatitis yaitu virus. Namun, infeksi hati atau liver juga dapat terjadi karena zat beracun dan juga penyakit autoimun. Penyebab hepatitis lainnya yaitu mononukleosis infeksiosa, demam kuning, dan infeksi sitomegalovirus.

BACA JUGA :   7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Kelelahan Setelah Mudik

Virus yang menyebabkan hepatitis terbagi menjadi lima, yaitu A, B, C, D, dan E. Kelimanya harus mendapat perhatian khusus, karena beban penyakit yang dibawanya dan potensi yang menyebabkan wabah dan epidemi serta dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, hepatitis jenis B dan C dapat menyebabkan penyakit kronis kepada jutaan orang dan yang menjadi penyebab umum sirosis atau pengerasan dan kanker hati. Infeksi dari virus hepatitis mungkin saja tidak menunjukkan gejala dan gejala yang sering terjadi yaitu penyakit kuning, urine berwarna hitam, cepat lelah, mual, muntah, dan sakit perut. Selain itu, hepatitis B juga dibarengi dengan sakit di persendian.

BACA JUGA :   5 Makanan Ini Jika Dikonsumsi Justru Membuat Anda Lapar

Penyakit Hepatitis Berdasarkan Jenisnya

Virus Hepatitis A (HAV)

Hepatitis A dapat menjangkiti seseorang melalui makanan yang terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A. Hepatitis A masuk ke dalam hepatitis akut, karena sebagian besar pengidap hepatitis A akan sembuh dengan sendirinya dan tidak akan berkembang menjadi hepatitis yang kronis.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI