Friday, October 30, 2020

Ciri-ciri Kulit Wajah Sensitif dan Cara Merawatnya

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Wajah sensitif bukan hanya dimiliki oleh pemilik kulit berminyak atau kering saja. Kedua jenis kulit tersebut juga berpotensi memiliki tipe kulit sensitif. Kadang tanpa kita sadari, sebenarnya kita memiliki kulit wajah yang sensitif.

Memiliki kulit wajah sensitif juga butuh perawatan khusus lho, Ladies! Untuk itu, kamu perlu tahu serba-serbi yang tepat untuk kulit wajah sensitif. Simak di bawah ini ya!

Ciri-Ciri Kulit Wajah Sensitif

1. Gampang Mengelupas

Pengelupasan pada kulit memang wajar terjadi secara ilmiah. Hal tersebut untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantikan dengan lapisan kulit baru. Akan tetapi bagi yang memiliki wajah sensitif, pengelupasan ini terjadi benar-benar secara berlebihan.

Pengelupasan yang berlebihan bisa jadi juga disebabkan oleh terlalu sering melakukan exfoliation. Akan tetapi bisa juga pengelupasan berlebihan karena kondisi kelembapan kulit yang bermasalah.

2. Mudah Merah

Selain mengelupas, kulit sensitif juga ditandai dengan kondisi yang mudah berwarna merah. Selain karena pengelupasan kulit bisa jadi pertanda bahwa kulit mengalami mengidap rosacea. Rosacea adalah penyakit kronis (jangka panjang) yang mempengaruhi kulit dan terkadang mata.

Yuk Pakai Skincare Khusus untuk Kulit Kemerahan Berikut, Ladies!/ Foto: beautynesia

3. Kulit Terasa Gatal

Kulit terasa gatal dapat disebabkan bermacam-macam. Bisa saja karena alergi makanan tertentu atau kesalahan dalam memilih skincare maupun kosmetik. 

4. Mudah Muncul Bercak Merah atau Ruam

Selain merah di seluruh kulit pada kondisi kulit sensitif, warna merah dapat muncul dalam bentuk berak-bercak maupun ruam. Biasanya disebabkan oleh cuaca ekstrim yang tidak cocok dengan kulit kita. Ruam-ruam yang muncul saat ini juga dapat menyebabkan rasa gatal.

Tips Cara Mengatasi

1. Hindari Cuaca Ekstrim

Apabila kulit kita sensitif karena cuaca, kenali cuaca dan keadaan seperti apa yang dapat memicu kerusakan kulit. Misalnya saat kulit kita memerah apabila kondisi panas, hindari tempat panas apalagi yang langsung tersengat matahari. Begitu pula sebaliknya apabila muncul ruam atau gatal saat berada dalam kondisi dingin hindari kondisi dingin atau gunakan pakaian hangat. Biasanya saat gatal-gatal seperti ini dapat diredakan oleh bedak pereda gatal yang dijual di pasaran.

2. Pilih Skincare dan Kosmetik yang Sesuai

Para pemilik kulit sensitif wajib mengetahui skincare atau kosmetik yang cocok untuk kulit. Apabila tidak dapat menggunakan kosmetik atau skincare tertentu hindari produk tersebut meskipun banyak mendapat review baik. Kondisi kulit seseorang berbeda-beda. 

3. Konsultasikan ke Dokter Kulit

Hal terakhir yang paling utama adalah konsultasi kondisi kulit kita dengan dokter kulit berpengalaman. Beberapa kondisi kulit sensitif tidak dapat diatasi sendiri. Dokter akan mengarahkan treatment apa yang baik untuk merawat kulit. Apabila masalahnya benar-benar parah, dokter juga akan memberikan obat tertentu yang tentunya aman. (WLD/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

OPINI : Korean Wave, Panutan Anak Jaman Now

FAJARPENDIDIKAN.co.id - "Army……!!! We love you! You're the best!!" begitu pekikan BTS diatas panggung saat konser. Penontonnya? Jangan tanya, bejibun. Fansnya ini...

SMA Islam Athirah 1 Makassar Gelar ‘Character Building’ Bagi Peserta Didik Kelas X

FAJARPENDIDIKAN.co.id - SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan Character Building bagi peserta didik kelas X, Rabu (28/10/2020). Kegiatan tersebut digelar secara...

Penyelengaraan Merdeka Belajar, UNM-Unima Teken MoU

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA), di Ruang Senat, Menara...

Hebat! MAN 2 Bone Antar Madrasah Ungguli Sekolah Umum di Kompetisi Ini

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Madrasah hebat dan bermartabat memang julukan yang pantas melekat pada madrasah. Betapa tidak, terlihat diera millenial ini, madrasah kian naik...

Polres Bone Perbanyak Edukasi di Operasi Zebra, Tapi…

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Satuan Lalu Lintas Polres Bone menggelar Operasi Zebra 2020 selama 14 hari, yakni sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020...

REKOMENDASI