Apa itu Varises? Serta Ini 9 Penyebab Varises

Varises adalah gangguan pada pembuluh darah vena yang membesar, bengkak, terpuntir yang sering tampak berwarna biru atau ungu tua.

varises muncul di area kaki lantaran pembuluh darah di area ini berada paling jauh dari jantung dan membuat darah lebih sulit mengalir ke atas.

Namun, sebenarnya varises tidak berbahaya sehingga tak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

- Iklan -

Kebanyakan varises tidak memerlukan pengobatan medis tertentu. Namun, jika terjadi pembengkakan, nyeri, pecah, hingga memicu ketidaknyamanan dan rasa sakit ketika berjalan karena sudah berkembang menjadi borok, maka dapat diatasi dengan pengobatan.

Tetapi, sebelum berkembang menjadi parah, sebaiknya mengenali apa saja penyebab varises untuk menghindarinya.

Baca Juga:  Cara Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Skincare atau Serum

Berikut 9 Penyebab VarisesĀ 

vena memiliki katup satu arah yang mencegah darah mengalir mundur. Saat katup-katup ini gagal, alih-alih mengalir menuju jantung, darah akan terkumpul di pembuluh darah.

- Iklan -

Nah, inilah yang nanti akan membuat vena membesar dan menimbulkan varises. Beberapa hal dapat menyebabkan terjadi varises, yaitu:

1. Berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena

Penyebab timbulnya varises adalah berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena. Hal ini menyebabkan pembuluh vena melemah sehingga tak sanggup mengalirkan darah ke jantung, sebagaimana mestinya.

Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi. Karena itu pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan dinamisasi otot disekitarnya. Rusaknya katup pembuluh darah bisa membuat darah berkumpul dan menyebabkan terjadinya gumpalan yang mengganggu aliran darah.

- Iklan -
Baca Juga:  Pelepah Pisang dan Mentimun Bisa Atasi Penuaan Dini

2. Faktor keturunan

Faktor keturunan atau predisposisi genetik memiliki kontribusi yang tinggi terhadap penyebab munculnya varises, terutama dinding pembuluh vena yang lemah dan katup vena.

Kondisi ini bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah, termasuk varises. Apabila ada anggota keluarga yang memiliki riwayat varises, maka kemungkinan besar Anda mengalami hal ini menjadi lebih tinggi.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU