Arti Barakallah dan Kapan Diucapkan

Arti Barakallah terkandung makna semoga mendapatkan berkah dari Allah, atau semoga mendapatkan berkah dari Allah atas usiamu.

Kata Barakallah itu, hal ini sering sekali disebutkan oleh kalangan umat Islam pada hari ulang tahun sehingga ucapan ini merupakan salah satu ucapan yang telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, kata barakallah tidak jarang orang yang mengucapkannya karna kurang nya ilmu pengetahuan tentang agama.

Untuk itu kami ingin mencoba menjelaskan sedikit pengetahuan kami tentang apa itu arti barakallah dan bagaimana cara menjawab ketika orang mengucapkan barakallah kepada kita

Untuk lebih mudah memahaminya marilah simak pembahasan di bawah ini:

Arti Barakallah

Arti Barakallah (بارك الله) yang berarti semoga Allah memberi keberkahan karena atas bertambahnya usia atau dapat juga sebagai ucapan atas segala perbuatan yang baik.

- Advertisement -

Ucapan barakallah bisa kita gunakan untuk/di saat :

  • Membeli rumah
  • Membeli mobil
  • Mendapatkan keturunan
  • Bertambahnya usia
  • Izin kepada orang tua atau seorang guru
  • Dan lain sebagainya

Intinya semua perbuatan baik bisa kita memberikan doa dengan kata BARAKALLAH kepada yang berbuat baik kepada kita.

Maksud dari Barakallah sebagian para ulama menjelaskan dengan singkat dan ringkas bahwa barakah (باركة) berarti kata yang mengandung kebaikan sehingga kata tersebut masih banyak digunakan sampai sekarang.

Arti Barakallah adalah semoga Allah memberikan keberkahan atas usia atau dapat juga semoga Tuhan memberikan keberkahan atas usia mu. Pada dasarnya pengucapan tersebut adalah ucapan sebuag Doa rahmat dan bimbingan dari Allah SWT.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik Minggu 27 November 2022: Berjaga-jaga dan Siap Siagalah!

Apa Barakallah Itu Kata atau ucapan Barakallah sering disebutkan dalam komunitas Muslim . Seperti halnya pada ucapan hari ulang tahun atau dalam undangan pernikahan yang bertujuan untuk memberikan doa bagi kedua pasangan pernikahan.

Kata tersebut dapat juga di temukan dalam Alquran dan hadis sehingga di antara mereka berjanji akan beriman dan bertakwa kepada Allah.

Pengucapan Barakallah

Dengan demikian dalam pengucapan kata Barakallah harus disebut “Baarakallaah” dengan lidah yang menyentuh ke arah langit atas (posisi lidah sama dengan penyebutan kata “Lam”).

Dalam membahas pelafalan Barakallah yang benar bersama dengan ksara Latinnya maka “Baarakallaah”, Banyak diperpanjang Itu pengucapan yang benar serta pelafalan Allah, ucapkan dengan tipis.

Jadi benar bahwa dalam mengucapkannya mulutnya seperti mengucapkan huruf O atau sebagai mengucapkan huruf A sebelum mencapai huruf H kuncinya tergantung pada lidah dengan mengucapkan Allah.

Kapan Ucapan Barakallah Digunakan

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan memberikan Kapan Ucapan Barakallah Digunakan atau memberi ucapan selamat kepada orang yang pantas menerima ucapan tersebut.

Berikut adalah beberapa kata Barakallah diucapkan di antaranya adalah:

  • Pada saat kita diberi hadiah atau pemberian dari orang lain
  • Pada saat menjenguk orang yang baru saja melahirkan
  • Pada saat menghadiri pesta ulang tahun
  • Pada saat menghadiri pernikahan
  • Dll
BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Senin 28 November 2022: Kekayaan Orang Papa

Kata Barakallah umumnya di kalangan umat Islam banyak yang mengucapkannya pada hari ulang tahun sehingga dapat juga mengucapkannya pada saat menghadiri undangan pernikahan.

Terkadang ucapan ini juga merupakan sebuah Doa untuk kedua pasangan pengantin atau kepada orang yang melakukan pernikahan, yang memuat kata sebagai “semoga diberkati oleh Allah”

Jawaban Dari Kata Barakallah

Ketika orang lain mengucapkan kata barakallah hal itu adalah sebuah ucapan yang baik untuk orang yang mendengarkan atau mendapatkan jawaban, Karna ucapan itu adalah doa.

Berikut beberapa jawaban ketika seseorang mengatakan Barakallah diantaranya:

  • Jika orang yang diberi ucapan dan yang memberi ucapan laki-laki, maka jawablah dengan kata “wa fiika baarakallah”.
  • Jika orang yang diberi ucapan dan yang memberi ucapan perempuan, maka jawablah dengan kata “wa fiiki baarakallah”.
  • Jika mendengar orang lain mengucapkan untuk orang lain, maka jawablah dengan kata“wa fiihim baarakallah”.
  • Jika yang menerima ucapan tersebut lebih dari tiga maka ucapkanlah dengan kata “wa fiikum baarakallah“.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan yang menyangkut ucapan dan Arti Barakallah, serta cara menggunakannya, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih

Bagikan

BACA JUGA:

Syarat Kurban Sesuai Syariat Islam, Kapan Dikatakan Sah?

Hari Raya Idul Adha atau yang biasa dikenal sebagai hari raya kurban akan segera tiba. Berikut ini kami berikan informasi terkait syarat kurban sesuai...

Hadits Hari Ini: Takdir Selalu Baik

30 Muharam 1444H Semua takdir itu baik. Ada hikmah di balik itu. Yang merasakan jelek adalah kita. Allah itu sama sekali tidak berbuat jelek. Takdir...

Renungan Harian Katolik, Jumat 24 Juni 2022: Perumpamaan Domba yang Hilang

Renungan Harian Katolik hari ini, Jumat 24 Juni 2022 berjudul: “Perumpamaan Domba yang Hilang”. Untuk bacaan Injil pada renungan Katolik hari ini diangkat dari Injil Lukas 15:3-7. Renungan Harian Katolik ini mengisahkan tentang...

Hukum Puasa Ramadhan Jika Tidak Sahur, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Puasa Ramadhan 2022 akan segera tiba, persiapan menjelang sahur pertama pun menjadi salah satu yang mulai diperhatikan banyak orang. Lalu, bagaimana hukum puasa ramadhan...

Renungan Harian Kristen, Sabtu 3 September 2022: Jika Anda Memuaskan Diri Sendiri dengan Berkat dari Allah

Renungan Harian Kristen hari ini, Sabtu 3 September 2022 berjudul: “Jika Anda Memuaskan Diri Sendiri dengan Berkat dari Allah”. Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari...

POPULER