Beasiswa LPDP Antar Dua Mahasiswa Prodi SAA UIN Alauddin Studi S2 di CRCS UGM

Berbekal keberanian, semangat untuk berjuang keras dan keinginan melanjutkan sekolah di jenjang yang lebih tinggi, dua mahasiswa Prodi Studi Agama-agama UIN Alauddin Makassar berhasil melanjutkan studinya di Center for Religious and Cross-Cultural Studies (CRCS) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Miftha Khalil Muflih dan Muammar adalah dua mahasiswa alumni Prodi SAA UIN Alauddin Makassar yang diterima untuk kuliah di CRCS melalui jalur beasiswa. Keberhasilan keduanya melewati serangkaian seleksi yang berat dan proses yang tidak mudah mengantarkan mereka menjadi awardee Beasiswa LPDP.

LPDP merupakan beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia dan berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan. Melalui beasiswa ini, mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya, baik di dalam dan luar negeri, memiliki kesempatan untuk tetap lanjut kuliah dan tidak lagi memikirkan persoalan biaya karena telah di-cover oleh pihak LPDP.

BACA JUGA :   Lewat Seminar Hasil Penelitian, LP2M UNM Perkuat Inovasi Lembaga dan SDM

Menurut Miftha, Studi Agama-agama di UIN Alauddin Makkasar telah membuka cara pandangnya dalam melihat agama atau realitas sosial secara kritis dan luas. Selain itu, pengalaman yang telah diberikan SAA melalui beberapa program perjumpaan lintas iman membuatnya berpikir bagaimana jika hal tersebut dibawa pada ruang kelas sehingga kelas menjadi lebih multikulutur.

- Advertisement -

“CRCS menawarkan hal tersebut dengan menerima seluruh mahasiswa dari berbagai macam kepercayaan, sehingga diskusi akan lebih berwarna dan menarik.”

Senada dengan hal tersebut, menurut Muammar, tradisi perjumpaan dengan umat agama yang lain menjadi pengalaman penting bagi dirinya selama kuliah di SAA UIN Alauddin. Selain itu, dia mengingatkan mahasiswa untuk membangun tradisi akademik sejak dini, yakni membaca dan menulis karya tulis ilmiah. Tradisi akademik seperti inilah yang menjadi bekal penting ke depan.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Donor Darah, Peringati Dies Natalis ke 40

CRCS sendiri merupakan sebuah program Studi Agama terkemuka di Indonesia karena merupakan Kajian Studi Agama nomor satu di Indonesia dan berada pada urutan ke 47 di dunia menurut QS World University Ranking.

Bagi Prodi Studi Agama-agama, hal ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Prodi Studi Agama seringkali tidak menjadi pilihan pertama dan dianggap bukan prodi favorit pilihan mahasiswa meski secara esensi, Studi Agama merupakan kajian penting, terutama pada masyarakat yang multi agama dan multi kepercayaan, seperti Indoensia.

Keberhasilan dua mahasiswa ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk trus berjuang mengejar mimi-mimpi mereka. (*)

Bagikan

BACA JUGA:

Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Lakukan Pemetaan Sosial di Desa Je’nemadinging

Mahasiswa KKN Tematik Stunting Lokus Kabupaten Gowa Posko 2 Desa Je'nemadinging Gelombang 108 Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan pemetaan sosial di 4 Dusun Desa Je'nemadinging...

Departemen AKK FKM Unhas Lakukan Gerakan Bagi-bagi Masker

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Himpunan Health Administration and Policy Student Community (HAPSC) dari Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan...

PD Muhammadiyah Bone Sholat Idul Adha di Kampus STKIP

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Bone akan menggelar Sholat Idul Adha di Pelataran Kampus STKIP Muhammadiyah Bone, Jalan Abu Dg Pasolong, Jumat...

Unibos Gelar Workshop Pengenalan dan Pengajuan HKI

Dalam rangka meningkatkan produktifitas Dosen Universitas Bosowa (Unibos) dalam menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Directorate of Innovation and Community Development Unibos Gelar Workshop Pengenalan...

15 Mahasiswa Bone Bakal KKN di Luar Negeri

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Unit Pelayanan Bahasa IAIN Bone gelar perkampungan bahasa Arab di Gedung FKUB Bone dan perkampungan bahasa Inggris di Desa Lanca, Jumat (12-18/11/2021)....

POPULER

Sinopsis Suami Pengganti 29 November 2022, Ariana Terpojok Karena Saksi Palsu Selin

Sinopsis Suami Pengganti 29 November 2022, Ariana Terpojok Karena Saksi Palsu Selin, Selin kini menceritakan kepada Dante bahwa ia sebelumnya mendapatkan kabar dari pihak...