Begini Strategi Pendidikan Seks Kepada Anak

Strategi yang baik untuk memulai pendidikan seks kepada anak adalah dilakukan saat mereka masih di usia dini dan dilanjutkan sampai mereka tumbuh dewasa. Dengan memulai pembicaraan mengenai pendidikan seks di usia dini dan dilanjutkan sampai anak tumbuh dewasa akan membuat orang tua lebih mudah dan nyaman dalam menjelaskan ke anak saat anak mencapai usia remaja.

Diambil dariĀ idntimes, ada 6 cara mengenalkan pendidikan seks kepada anak-anak dan remaja, yaitu:

1. Mengenalkan anggota tubuh yang dilarang untuk disentuh dan dilihat orang selain dirinya

- Iklan -

Berikan penjelasan ke anak mengenai bagian tubuh dan fungsinya, lalu ajarkan mana bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain seperti bagian dada, bibir, pantat dan organ reproduksi anak. Perkenalkan anak dengan alat vital sesuai dengan namanya: vagina dan penis.

Baca Juga:  10 Keterampilan Seks yang Harus Dimiliki Pria

2. Mengajarkan perbedaan anggota tubuh dan alat vital antara perempuan dan laki-laki

Anak-anak perlu diajarkan mengenai perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki. Misalnya memberi contoh laki-laki seperti ayah dan perempuan seperti Ibu.

- Iklan -

3. Menanamkan rasa malu kepada anak sejak kecil

Menanamkan budaya malu kepada anak dapat membuat anak menghargai dirinya sendiri. Anak diajarkan batasan-batasan dalam bermain dengan lawan jenis. Selain itu, dengan ditanamkan budaya malu, anak diajarkan juga untuk tidak melepas dan mengganti pakaian di tempat umum.

4. Membatasi aktifitas menonton dan penggunaan gadget pada anak dan remaja

- Iklan -

Dampingi anak saat menonton TV dan menggunakan gadget karena saat ini banyak adegan-adegan yang tidak pantas dilihat oleh anak dan tidak jarang membuat anak meniru adegan tersebut karena sudah menjadi sifat naluriah anak untuk meniru apa yang mereka lihat.

Baca Juga:  Manfaat Pendidikan Seks Bagi Anak dan Remaja

5. Mendekatkan diri kepada anak agar anak merasa percaya kepada orangtua

Dengan menumbuhkan rasa percaya anak kepada orang tua, anak akan menceritakan apapun kepada orang tua dan tidak akan menyembunyikan apapun jika terjadi perlakuan yang tidak pantas atau melihat orang lain melakukan perilaku yang tidak pantas.

6. Membicarakan tentang seks secara santai ke anak

Pendidikan seks dapat dilakukan orang tua dengan mengajak anak berdiskusi dengan mudah dan menyenangkan. Orang tua menjelaskan seluruh pertanyaan anak dengan lemah lembut. Menjelaskan semua fakta-fakta dengan bahasa yang tidak vulgar dan tidak terkesan menakut-nakuti anak. Masukkan nilai-nilai agama dan norma-norma yang ada di masyarakat dan jelaskan ke anak bagaimana seharusnya anak menghargai tubuhnya dengan menjaganya. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU