Bijak Dalam Mengelola Uang, 3 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Berhemat

Setiap orang pasti ingin memiliki banyak uang dengan berbagai alasan, sehingga rela bekerja pagi hingga malam demi mengumpulkan pundi-pundi uang.

Namun, ketika uang sudah ada di tangan, seringkali kita menjadi tidak terkontrol untuk segera membelanjakan uang tersebut.

- Advertisement -

Ketika baru saja gajian atau mendapat uang baru, kita cenderung ingin cepat-cepat membeli barang-barang yang kita inginkan, bahkan meskipun barang-barang tersebut tidak kita perlukan sama sekali.

- Advertisement -

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghemat uang.

1. Tetapkan target menabung

Sebelum menerima uang, segera buat target pengeluaran dan target menabung agar penggunaan uang kita tidak terlalu berlebihan.

Misalnya, kita membuat target menabung 30 persen dari uang yang akan diterima, kita harus benar-benar menyisihkan uang tersebut untuk ditabung.

Kita bisa membuat semacam challenge atau tantangan untuk diri sendiri, misalnya menabung sekian dalam jangka waktu satu bulan.

BACA JUGA :   Tips Mencari Pinjaman Online dengan Bunga Rendah

Ketika berhasil, kita boleh menggunakan sebagian dari hasil tabungan tersebut untuk membeli barang apapun yang kita inginkan. Dengan demikian, kita akan semangat untuk terus menabung.

2. Bijak saat di luar rumah

Ketika kita diajak pergi ke suatu tempat oleh teman, usahakan untuk membawa uang tidak terlalu banyak.

Hal ini untuk menghindari kita membeli barang-barang yang tidak kita perlukan hanya karena tergiur diskon dan sejenisnya.

Kita harus bisa menahan diri untuk tidak membeli sesuatu hanya karena godaan diskon atau karena barang tersebut terbatas padahal kita tidak benar-benar membutuhkannya sekarang.

Bawa uang secukupnya, karena kita akan berpikir ulang ketika ingin membeli sesuatu mengingat uang yang kita bawa jumlahnya terbatas.

BACA JUGA :   Manfaat Bekam Wajah untuk Anti Aging hingga Kulit Glowing

3. Buat daftar kebutuhan

Ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan bulanan, penting untuk mencatat barang-barang apa saja yang perlu dibeli.

Jangan sampai ketika tiba di pusat perbelanjaan, kita jadi kalap dan mengambil semuanya karena merasa persediaan di rumah sudah habis semua.

Daftar barang-barang yang harus dibeli juga dapat membantu kita menghemat waktu karena sudah tahu apa yang harus dibeli, rute mana saja yang harus dilewati ketika berjalan di sekitar rak-rak kebutuhan, dengan demikian, waktu dan uang kita bisa dihemat.

Itulah tiga tips sederhana yang bisa kamu coba untuk menghemat pengeluaranmu.

Gunakan uang yang kamu miliki sebijak mungkin, karena orang yang bisa mengelola uang kemungkinan besar akan sukses di masa depan.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: