Kamis, Februari 25, 2021

Antisipasi Saat Terjadi Gempa Bumi, Lakukan 5 Hal Ini

Fajarpendidikan.co.id – Gempa bumi  yaitu salah satu peristiwa yang menyebabkan pergerakan pada lapisan bumi atau getaran yang akan menyebabkan guncangan pada bumi.  Akibatnya bisa menyebabkan tsunami dan keruntuhan gedung-gedung dan tanah lonsor pada dataran tinggi.

peristiwa getaran bumi yang di akibatkan oleh pelepasan energi dalam bumi secara tiba-tiba, di tandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Gempa bumi dapat menyebabkan getaran atau guncangan tanah, likuifaksi, tanah longsor, tsunami, dan bahaya-bahaya lainnya yang harus di hindari oleh manusia.

Gempa bumi baru-baru ini terjdi di Sulawesi barat, majene dengan kekuatan  magnitude M:5,9 yang terjadi pada 15 januari 2021. Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Kemudian kembali terjadi gempa susulan pada 15 januari , 01:28:17 WIB dengan kekuatan  6,2  lokasi 6 km Timur Laut Majene-Sulbar kedalaman 10 Km.

Gempa yang terjadi mengakibatkan banyaknya rumah roboh dan orang berhamburan keluar rumah karena merasakan gempa cukup besar dan lama. Sebagian besar warga memilih lari dan meninggalkan rumah mereka selagi masih ada kesempatan.

Hal seperti ini jelas membuat kita takut dan sadar bahwa bencana gempa bumi bisa menyebabkan banyak hal dan bisa datang kapan saja tanpa di duga-duga. Karena hal itu kita perlu mengantisipasi atau mempersiapkan diri untuk kemungkinan besar  terjadinya gempa.

Berikut yang harus di lakukan untuk mengantisipasi saat terjadi gempa

1. Apabila  posisi berada di dalam bangunan, utamakan melindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja. Atau segera meninggalkan bangunan itu jika masih ada kesempatan. Selain itu, bisa juga mencari tempat paling aman dari reruntuhan dan goncangan.

2. Apabila posisi berada di luar bangunan atau area terbuka, jauhkan diri dari bangunan yang ada di skeitar seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lainnya. Perhatikan juga tempat kamu berada, karena bisa saja terjadi retakan tanah yang bisa terjadi kapan saja.

3. Apabila sedang mengendarai mobil, maka segera mungkin untuk keluar, turun, dan menjauh dari mobil ketika terjadi gempa bumi.

4. Apabila berada di pantai, maka secepatnya berlari menjauh dari pantai. Tujuannya, untuk mengantisipasi terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami.

5. Apabila kamu tinggal di daerah pegunungan, bersegera menghindari daerah tinggi atau bukit tinggi yang memungkinkan terjadinya longsor atau keruntuhan.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

LDK FSI UNM Gelar Muktamar ke XXII

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Forum Studi Islam (FSI​) Raudhatul Ilmi (RI) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar MUKTAMAR ke XXII...

Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Belajar Public Speaking Bersama Binus University

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kelas inpirasi bagi kelas XII kembali digelar SMA Islam Athirah 1 Makassar secara virtual, Senin (22/02/2021). Sejumlah 83 partisipan...

Penandatanganan Kotrak PPPK, Plh. Bupati Barru Berpesan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja yang disingkat PPPK adalah warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu yang diangkat berdasarkan perjanjian...

OSIS SMA Islam Athirah Gelar Webinar Kesehatan, Kepsek: Mereka Pandai Baca Situasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar kesehatan bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Remaja dan Pengetahuan Mental...

Unibos Kembali Jadi PT Terbanyak Raih Dana Hibah Proposal Pengabdian Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali raih pendanaan hibah proposal pengabdian masyarakat terbanyak tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, Unibos pun menjadi...

REKOMENDASI