Biodata dan Profil Bima Sakti Pelatih Timnas Indonesia U-16

FAJAR Pendidilan

Biodata dan profil Bima Sakti sang pelatih Timnas Indonesia U-16 menarik untuk diketahui. Pasalnya, Bima Sakti berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 ke final dalam ajang Piala AFF.

Timnas Indonesia sendiri baru saja menghadapi Myanmar dan berhasil membawa kemenangan 5-4 atas penalti, Rabu, 10 Agustus 2022.

Bima Sakti sendiri merupakan pria berkelahiran Kalimantan Timur berkarir di Eropa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah biodata dan profil Bima Sakti pelatih Timnas Indonesia U-16, yang dihimpun Hallobantennews.com dalam artikel “Profil dan Biodata Bima Sakti, Juru Taktik Timnas U-16”.

Biodata dan Profil Bima Sakti

Memiliki nama asli Bima Sakti Tukiman, merupakan seorang legenda Timnas Indonesia yang lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976.

BACA JUGA :   Update, 174 Korban Meninggal Dunia di Kanjuruhan Malang

Saat Ini, Bima sakti dipercaya menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16. Sepanjang karir bolanya, Bima sakti berperan di posisi gelandang.

Dia terkenal dengan kemampuan tendangan bebasnya yang kuat dan akurat.

Kariernya di tim nasional Indonesia bermula pada 4 Desember 1995 saat masih berusia 19 tahun. Sejak saat itu, dia telah mencatat rekor 55 kali penampilan bersama timnas Indonesia—hanya kalah dari Kurniawan Dwi Yulianto yang telah bermain 60 kali.

Selain itu, Bima sempat pula menjadi kapten tim nasional selama beberapa waktu.

Pada 1993, ia bersama Kurniawan dan Kurnia Sandy terpilih untuk mewakili Indonesia berlatih bersama Sampdoria Primavera. Tak lama ia bergabung bersama klub asal Swedia, Helsingborg IF. Di sana Bima Sakti hanya bertahan kurang lebih setahun.

BACA JUGA :   174 Korban Meninggal di Kanjuruhan, Begini Kronologisnya

Baca Juga: Ini Dongeng Bahasa Sunda Pendek dan Singkat untuk Tugas Sekolah

Tidak lama berkarier di Eropa, ia balik lagi ke Indonesia kemudian bergabung dengan PKT Bontang dan Pelita Jaya.

Dengan kepiawaiannya bermain di lini tengah, membuat PSM Makassar merekrutnya musim 1999. Ia turut andil membawa PSM Juara Liga Indonesia, sekaligus menjadi Pemain terbaik Liga Indonesia.

• Nama lengkap: Bima Sakti Tukiman
• Nama terkenal: Bima Sakti
• Tempat lahir: Balikpapan, Kalimantan Timur
• Tanggal lahir: 23 Januari 1976
• Umur: 45 tahun
• Zodiak: Capricorn
• Tinggi badan: 172 cm
• Posisi: Gelandang
• Kebangsaan: Indonesia
• Akun IG: @bimasakti230176

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Link Download Film Emergency Declaration (2022) Full Movie SUB Indo

Belum menyaksikan kisah seru petualangan mencekam dalam pesawat? Cek di sini link download dan nonton film Emergency Declaration (2022) full movie SUB Indo, kini...

Sinopsis Takdir Cinta yang Kupilih Malam Ini, Jumat 7 Oktober 2022: Niko Masuk Kamar Starla yang Membuatnya Kaget

Sinopsis Takdir Cinta yang Kupilih Malam Ini, Jumat 7 Oktober 2022: Niko Masuk Kamar Starla yang Membuatnya Kaget, cerita yang semakin menegangkan karena proses...

Peneliti K3 FKM Unhas Lakukan FGD Model Pencegahan Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja

Tim Penelitian Dasar Unhas (PDU) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) yang diketuai Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM MKes melakukan...

Ramalan Shio Tikus, Babi, Kelinci Jumat 7 Oktober 2022

Ramalan shio sudah menjadi sesuatu yang dipercaya sejak lama oleh sebagian orang. Melalui ramalan shio, kamu bisa mengetahui peruntunganmu. Baik itu tentang kehidupan secara umum,...