Rabu, Januari 20, 2021

Black Box, Ini Fungsinya

FAJARPENDIDIKAN.co.id Black box atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kotak Hitam yaitu istilah umum yang digunakan dalam industri transportasi umum yaitu perekam data penerbangan. Kotak hitam digunakan sebagai alat merekam suara atau data pesawat selama pesawat itu beroperasi dan juga sebagai faktor utama dalam mengungkap kasus-kasus yang terjadi pada kecelakaan pesawat.

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas  atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Black box juga terdiri dari dua kombinasi perangkat yaitu CVR (Cockpit Voice Recorder) atau percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR (Flight Data Recorder) atau rekaman data penerbangan. FDR terus merekam beragam data tentang semua aspek pesawat saat terbang dari satu tempat ke tempat lain. Sementara CVR merekam percakapan penerbangan dan suara-suara seperti transmisi radio dan alarm otomatis.

Black box walaupun dikenal dengan sebutan kotak hitam tetapi bentuknya berbeda namun benda tersebut tidak berwarna hitam tetapi berwarna jingga (oranye). Hal ini karena untuk memudahkan untuk menemukannya jika pesawat mengalami kecelakaan. Penempatan kotak hitam ini dilakukan berbeda sehingga mudah mempermudah menemukannya.

Black box juga dilengkapi perangkat yang dikenal sebagai Underwater Locator Beacon (ULB). Perangkat tersebut akan aktif segera setelah perekam bersentuhan dengan air dan dapat mengirimkan sinyal dari kedalaman 14.000 kaki. Fungsinya adalah membantu menemukan black box setelah kecelakaan pesawat yang terjadi di laut.

Seperti yang terjadi pada kecelakaan pesawat baru-baru ini. Belum lama ini informasi penemuan Kotak Hitam dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang menelan banyak korban. Dan dengan di temukannya semoga penyebab kecelakaan pesawat ini segera terungkap dan tidak menimbulkan kejadian yang seperti ini lagi.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Istri Bupati Barru Hasnah Syam Berikan Bantuan Para Korban Gempa Sulbar yang Mengunsi di Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Memegang amanah sebagai "Istri Kepala Daerah" sekaligus "Tokoh Nasional" merupakan dua anugerah yang dapat memberi manfaat besar bagi sebanyak...

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

REKOMENDASI