Jumat, Agustus 6, 2021

Yuk Biasakan Makan Buah dan Sayur

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang harus ada setiap hari, alasannya karena berbagai macam sayur dan buah-buahan banyak mengandung serat berbagai viatamin, antioksidan serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Masih banyak orang yang tidak suka makan sayur dan buah terutama anak-anak. Menurut The National Health and Medical Research Council (NHMRC) di Australia, setiap hari setidaknya mengonsumsi 2 jenis buah dan 5 jenis sayuran, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Banyak yang  belum memahami sepenuhnya tentang manfaat buah dan sayur bagi kesehatan, yang pada umumnya banyak orang memilih makanan siap saji, kue, coklat, begitu juga dengan gorengan dari pada mengkonsumsi buah dan sayur. Padahal mengonsumsi buah dan sayur yang cukup dapat berperan menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula, dan kolestrol.

Namun dalam mengonsumsi buah, semakin matang buah yang mengandung karbohidrat semakin tinggi kandungan fruktosa dan glukosanya, yang dtandai dengan rasa yang semakin manis. Ada beberapa jenis buah yang meningkatkan resiko kembung dan asam urat. Makanya mengonsumsi buah yang terlalu matang dan minuman jus bergula harus dibatasi agar dapat mengendalikan kadar gula darah.

Secara umum, buah dan sayur merupakan berbagai sumber vitamin dan mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah berperan sebagai antioksidan, atau bisa disebut dengan penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Ada beberapa sayur yang menyediakan karbohidrat, seperti kentang, dan wortel. Sedangkan beberapa buah seperti buah merah dan alpokat menyediakan lemak tidak jenuh.

Baca Juga :   7 Alasan Mengapa Tertawa Bisa Membuat Lebih Produktif dalam Bekerja, Tapi Jangan Kelewatan Juga ya

Buah dan sayur banyak memiliki kandungan vitamin, mineral, aktioksidan, dan serat tinggi dibandingkan jenis makanan-makanan lainnya. Lagi pula buah dan sayuran mudah untuk ditemukan disekitar kita, bahkan ada beberapa jenis buah dan sayur mudah ditanam di lingkungan kita.

Pada sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral, karena itu sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang paling dianjurkan dokter. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sayuran hijau masuk kedalampola makan kita sehari-hari, karena makanan yang kaya nutrisi, mudah untuk ditemukan, relatif murah, dan pengolahannya pun cukup mudah.

Ada beberapa manfaat buah dan sayur bagi kesehatan yaitu:

  1. Buah dan sayur dapat membuat tubuh lebih bugar, karena kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin dan enzim bersama meproduksi energi, sehingga membuat tubuh lebih bugar.
  2. Buah dan sayur yang kaya akan mineral, serat, vitamin, dan antioksidan yang dapat memperkuat tubuh kita dan meningkatkan imun untuk melawan berbagai macam penyakit secara alami.
  3. Buah dan sayur yang mengandung zat antoksidan yang dapat berperan melindungi sel-sel otak serta membantu meningkatkan daya ingat.
  4. Kandungan serat yang tinggi pada buah sayuran dapat meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh, dan memperlancar buang air besar (BAB).
  5. Buah dan sayur biasanya juga rendah lemak dan kalori asal tidak doreng dsalam minyak yang berlebihan, itu sebabnya, mengonsumsi sayur dan buah dapat membantu kita untuk mempertahankan bereat badan yang sehat dan ideal, serta menjaga jantung tetap sehat.
  6. Dengan mengonsumsi buah dan sayur dapat membuat mata kita tetap sehat, membantu untuk mencegah 2 penyakit mata yang berkaitan dengan penuaan, seperti degenerasi makula, dan katarak. Luteindan zeanxanthin senyawa yang sangat bagus untuk kesehatan mata dapat ditemukan pada buah dan sayur yang berwarna orange.
Baca Juga :   Polres Wajo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Berkala
Baca Juga :   7 Alasan Mengapa Tertawa Bisa Membuat Lebih Produktif dalam Bekerja, Tapi Jangan Kelewatan Juga ya

Rekemondasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), menganjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran untuk hidup sehat, sejumlah 400g perorang perharinya, yang terdiri dari 250g sayur atau setara dengan 2 ½ porsi atau 2 ½ gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan. Dan 150g  buah, setara dengan 3 buah pisang ambon yang berukuran sedang atau 1 ½ potong pepaya berukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

Cara terbaik untuk konsumsi buah dan sayur yaitu makan berbagai macam jenisnya dengan warna yang berbeda-beda. Dengan begitu, kita mendapatkan semua kombinasi nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika ingin lebih sehat dan berumur panjang maka perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.(IKA)

.

Wujudkan Makassar Kota Santri, Danny Pomanto Harap Penguatan Pendidikan Al Qur’an

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto berharap Kota Makassar dapat menjadi Kota santri dimana penduduknya memiliki kemampuan dan kemahiran dalam membaca...

Plt Gubernur Sulsel Apresiasi Walikota Danny Gunakan KM Umsini Sebagai Tempat Isolasi Apung

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan memberi apresiasi kepada pemerintah kota Makassar terhadap penanganan Covid 19 bagi warganya. Hal tersebut diutarakan Plt Gubernur Sulsel Sudirman...

Pasca Vidio Viral, Pesepeda di Makassar Mendapat Bantuan oleh Kemensos

Makassar, FAJARFPENDIDIKAN.co.id - Pasca video viral yang menjadi sorotan, korban kecelakaan sepeda, Rabu (28/7) lalu, Wawan mendapat kunjungan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diwakili...

Pemkot Makassar Gelar Simulasi Akhir Isolasi Apung di KM Umsini

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama seluruh jajarannya, menggelar simulasi pengoperasian Isolasi Apung Kapal Pelni KM Umsini, di dergama Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar,...

KPPN Gelontorkan TKDD Rp372,88 Miliar

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- KPPN Watampone sampai dengan bulan Juli 2021 telah menyalurkan dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang bersumber dari APBN sebesar...

Jajaran Polda Sulsel Beri Bantuan Sembako Secara Humanis Kepada Masyarakat di Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Polda Sulawesi Selatan tindak lanjuti instruksi dari Kapolri, dengan bagikan sembako kepada warga yang lebih membutuhkan, secara humanis. Sambil memberi sembako, para...

.

.

.

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

.

UIM Gelar Teknik Expo 2021, Wali Kota Makassar Turut Hadir dan Harapkan Tetap Lestarikan Budaya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menyempatkan hadir dalam kegiatan teknik expo 2021 yang di adakan oleh Fakultas Teknik Universitas Islam...

UNM Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur RPL Bagi Masyarakat Putus Kuliah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka penerimaan mahasiswa Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang digagas Kemendikbud Ristek...

Kampus Berkelas Dunia, ITB Resmi Luncurkan Program International Virtual Course (IVC)

Bandung, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Institut Teknologi Bandung(ITB) resmi meluncurkan program International Virtual Course (IVC) tahun 2021. Program ini merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program...

PPKM Level 4 Diperpanjang, Bansos Harus Meningkat

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Anggota Komisi X DPR Netty Prasetiyani memahami perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 adalah pilihan sulit yang harus diambil pemerintah. Dari aspek...

.