ADV A1

Buat Hati Tentram, Ini Kata-kata Mutiara dari Hadist (Bagian 1)

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Hadist adalah pedoman hidup kedua setelah Al-quran. Hadist merupakan perwujudan dari perkataan dan perbuatan Rasulullah SAW. Di dalam Hadist juga terdapat banyak kata-kata mutiara berisi nasihat dan motivasi untuk setiap muslim.

Kata-kata mutiara ini dapat kamu jadikan penyemangat dalam menghadapi permasalahan hidup. Selain itu dengan mempelajari hadist, kamu dapat mengikuti sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut adalah kumpulan kata-kata mutiara yang diambil dari Hadist dilangsing dari berbagai sumber.

1. “ Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. “ Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan.” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA :   Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Lengkap Beserta Artinya

3. “ Pupuslah keputusasaan karena apa yang ada pada diri orang lain.” (HR Ibnu Majah)

4. “ Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.” (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar).

5. “ Tidaklah termasuk golongan kami, orang yang memukul-mukul pipinya dan mencabik-cabik bajunya ketika (tertimpa musibah), serta berseru dengan seruan jahiliyah.” (HR Bukhari dan Muslim).

6. “ Barangsiapa datang kepada tukang ramal kemudian menanyakan sesuatu dan dia mempercayainya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari.” (HR Muslim).

7. “ Barangsiapa membaca alquran dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?” (HR Abu Daud).

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Kamis 19 Mei 2022: Pewarta yang Dipenuhi Sukacita

8. “ Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” – (HR. Ahmad).

9. “ Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan akhirat melainkan hanya seperti salah satu dari kalian mencelupkan tangannya ke dalam lautan, maka silahkan dilihat apa yang dibawa oleh jarinya.” (HR. Muslim).

10. “ Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.” (HR. Ibnu Asakir).

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI