Cabang-cabang Biologi, Ilmu Tentang Makhluk Hidup

Biologi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan berbagai macam organisme. Arti biologi sendiri menurut KBBI adalah ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan. Cabang-cabang ilmu biologi terdiri dari banyak kategori, seperti di bawah ini.

Sementara pengertian biologi secara umum adalah kajian tentang kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, taksonomi dan ciri-ciri makhluk hidup di tiap spesies dan organisme.

Mengenal 18 Cabang-cabang Ilmu Biologi

1. Genetika

Pada cabang ilmu biologi ini, kamu akan mempelajari tentang gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya serta persilangan gen. Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya kenapa warna kulitmu bisa sama dengan warna kulit ibumu? Hmm, dengan mempelajari ilmu ini, kamu bisa menemukan jawabannya, lho.

- Iklan -

2. Sitologi

Pada ilmu sitologi, kamu dapat mempelajari unit penyusun seluruh makhluk hidup. Apakah itu? Yup! Itu adalah sel. Mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel semua dibahas dalam ilmu ini. Gimana, seru kan?

3. Histologi

Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang ingin masuk jurusan kedokteran, ilmu ini sangat bermanfaat untuk dipelajari lho, Squad.

Baca Juga:  Comparative Adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

4. Anatomi

Selain histologi, anatomi juga penting untuk dipelajari dalam dunia kedokteran. Pada ilmu ini, kamu dapat mempelajari tentang struktur tubuh dalam dari makhluk hidup. Squad, jika kamu memperhatikan struktur lidah kalian, pasti kamu akan melihat tonjolan-tonjolan halus yang ada di permukaan lidahmu yang disebut papila. Lalu, apa sih fungsi papila? Seperti apa struktur lidah kita sebenarnya? Nah, semua itu akan dikupas tuntas dalam ilmu ini.

- Iklan -

5. Morfologi

Berlawanan dengan anatomi, kalau dalam morfologi kamu akan mempelajari tentang struktur tubuh luar dari makhluk hidup. Kamu penasaran nggak sih kenapa di telapak kaki kucing terdapat bantalan yang berwarna pink? atau apa sih yang menyebabkan paruh dan kaki burung memiliki bentuk yang berbeda-beda? Tenang Squad, Morfologi dapat menjawab semua rasa penasaran kalian, kok.

6. Fisiologi

Pada ilmu Fisiologi, kamu akan mempelajari tentang fungsi tubuh baik secara anatomi maupun morfologi Squad. Pernahkah kalian mendengar tentang fisioterapi? Fisioterapi juga bagian dari Fisiologi, lhoHayo, ada yang tahu kalau fisioterapi itu buat mengobati apa?

Baca Juga:  Possessive Adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

7. Ekologi

Pada ilmu ini, kamu akan mempelajari tentang interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya maupun interaksi antar sesama makhluk hidup di muka bumi lho, Squad. Gambar di bawah ini merupakan salah satu bentuk interaksi yang saling menguntungkan antara anemon laut dengan ikan badut.

- Iklan -

8. Taksonomi

Pada ilmu Taksonomi, kamu akan mempelajari tentang pengklasifikasian atau penggolongan makhluk hidup. Penggolongan ini tidak dilakukan secara sembarangan lho, melainkan didasarkan pada hierarki atau tingkatan tertentu.

Beliau lah yang pertama kali memperkenalkan ketujuh hierarki tersebut lho, Squad. Masih ingatkah kamu dengan urutan dari ketujuh hierarki itu?

9. Evolusi

Mendengar kata evolusi, apakah kamu teringat dengan Bapak Teori Evolusi yaitu Charles Darwin? Ternyata, Evolusi termasuk kedalam cabang ilmu biologi juga, lho. Pastinya, ilmu ini menjadi salah satu materi yang paling menarik untuk dipelajari karena membahas tentang perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.

10. Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan archaea. Dalam mempelajari ilmu ini, kamu akan menggunakan mikroskop karena objek yang diamati berukuran sangat kecil. Hayo, ada yang sudah pernah pakai mikroskop?

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU