Cara Alami Agar Rambut Tetap Lebat Tanpa Transplantasi

Musisi Anang Hermansyah menjalani transplantasi rambut di sela liburannya beberapa waktu lalu di Turki. Anang mengungkapkan dirinya ingin memiliki rambut lebat. Sebelumnya Kevin Aprilio juga sempat menjalani terapi serupa pada kulit kepala juga area wajah (kumis dan jambang).

Selain dengan transplantasi rambut seperti yang dijalani Anang dan Kevin, Anda bisa melakukan sejumlah cara alami.

Berikut cara alami agar rambut lebat tanpa transplantasi:

- Iklan -

1. Hindari sampo dengan sulfat

Mulai sekarang, cek komposisi sampo yang Anda gunakan. Jika ada kandungan sulfat (sulfate), sebaiknya ganti dengan sampo lain yang tidak mengandung sulfat atau non-sulfat.

Sulfat merupakan agen pembersih yang cukup kuat. Sulfat juga membuat busa berlimpah dan memberikan ilusi rambut bervolume dalam jangka pendek. Namun semakin lama, sulfat akan berkontribusi pada kerusakan rambut.

- Iklan -

Sulfat akan mengiritasi kulit kepala, mengeringkan helai rambut dan mengakibatkan peradangan dengan mengganggu mikrobioma kulit kepala. Akibatnya, rambut rontok dan rusak terutama pada orang dengan helai rambut ikal dan keriting.

“Agen busa agresif ini dapat mengeringkan rambut dan menghilangkan warna dan minyak alami,” kata Andi Scarborough, penata rambut dan pemilik salon Framed di California mengutip dari Mind, Body, Green.

2. Bijak menggunakan dry shampoo

- Iklan -

Dry shampoo alias sampo kering bagaikan ‘P3K’ buat rambut lepek dan belum sempat keramas. Karena sifatnya hanya penolong darurat, sebaiknya gunakan dry shampoo dengan bijak.

Baca Juga:  Mengenal Pancaroba, Musim Rawan Penyakit

“Terlalu sering menggunakan dry shampoo tidak hanya membuat kulit kepala Anda kehilangan kilau yang diperlukan, tetapi juga dapat mengakibatkan penumpukan yang merugikan pada kulit kepala dan folikel mati, yang dapat mengakibatkan penipisan dan kerontokan rambut,” kata Scarborough.

3. Asupan nutrisi yang tepat
Diet yang tepat akan membantu rambut tumbuh lebih lebat. Melansir dari Medical News Today, sangat disarankan mengonsumsi pangan dengan kandungan lemak sehat, protein dan berbagai vitamin.
Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi: salmon atau ikan kembung (protein dan asam lemak), telur (protein omega 3 dan zat besi), kacang-kacangan (walnut, almond, dan kacang lain), yogurt (protein), dan biji-bijian. Konsumsi minimal 1-2 porsi jenis pangan ini setiap hari. Bahkan ‘hanya’ dengan menambahkan 3-4 porsi dalam seminggu bisa membuat rambut lebih sehat.

4. Gel lidah buaya

Selain penggunaan sampo dan kondisioner, Anda juga memerlukan masker rambut. Salah satu masker rambut alami yang layak dicoba adalah masker rambut gel lidah buaya. Aplikasi gel lidah buaya pada kulit kepala dapat membantu menguatkan dan membuat rambut lebih lebat.

Cukup belah lidah buaya segar dan aplikasikan gelnya langsung pada rambut. Sebaiknya diamkan selama 30 menit lalu bilas. Kini Anda juga bisa menggunakan produk aloe vera yang banyak beredar di pasaran. Cek lagi kandungannya sebab beberapa produk terlalu banyak mengandung alkohol yang bisa mengiritasi kulit kepala.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Anak Bandel

5. Cukup asupan vitamin C

Vitamin C kerap diandalkan jika berurusan dengan penuaan dini. Ini pun bisa Anda terapkan buat rambut. Antioksidan ini tidak hanya dapat melindungi folikel rambut dari efek radikal bebas, tetapi juga mendorong rambut jadi lebih lebat.

“Vitamin C memainkan peran yang sangat besar dalam produksi kolagen dan membantu memperkuat rambut,” kata Jessica Cording, ahli gizi.

Anda dapat memperoleh vitamin C dari jeruk, Brussel sprout, brokoli, paprika merah, kangkung, stroberi dan kiwi.

6. Pijat kulit kepala

Anda patut menaruh perhatian pada kulit kepala jika ingin memiliki rambut lebat tanpa transplantasi. Scarborough menyarankan untuk rutin melakukan scrub kulit kepala untuk mengangkat penumpukan sel kulit mati dan merangsang aliran darah ke folikel rambut.

Selain itu, berikan pijatan setidaknya selama 4 menit buat kulit kepala. Akan lebih baik jika Anda menambahkan minyak peppermint. Cukup kombinasikan minyak peppermint dan minyak argan plus minyak pengencer (carrier oil).

Itulah cara alami agar rambut lebat tanpa transplantasi.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU