Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

FAJAR Pendidikan

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal, Saat mendengar kabar duka, tentu kita harus memanjatkan doa bagi orang tersebut serta keluarga yang ditinggalkan. Begitupun saat ingin mengirim doa kepada orang-orang yang telah mendahului kita.

Adapun Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal, dilansir dari laman Merdeka.com, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal.

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

1. Memanjatkan Doa Saat Mendengar Kabar Duka

Cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal pertama adalah dengan memanjatkan doa sesaat setelah mendengar kabar duka. Dalam hal ini hendaklah seorang muslim membaca doa berikut ini :

innalillahi wa innailaihi raajiuun

Artinya: “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.”

Doa ini menunjukkan bagaimana kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah diri dan menerik apa yang sudah menjadi keputusan atau takdir dari Allah SWT tentang kapan datangnya kematian.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat Terbaru 2022, Menyambut Tahun Baru Islam 1444 H

2. Menyebut Nama Almarhum atau Almarhumah

Menyebut nama almarhum atau almarhumah disetiap doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT tujuannya tak lain supaya doa tersebut jelas untuk siapa. Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan nama ayah diakhir nama orang yang sudah meninggal tersebut.

Tindakan demikian, sesuai dengan perkataan Imam Nawai dalam Al Majmu. Ia berkata “Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya.”

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ibu Sholah yang berkata ” Dan hendaknya ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia berdoa untuk si Fulan.”

3. Membacakan Surat Al-Fatihah

Membacakan Surat Al-Fatihah. Kamu dapat memanjatkan doa tersebut saat kamu melayat ke rumah duka.

BACA JUGA :   Akhlak Mulia Nabi Muhammad SAW

Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Untuk orang yang sudah meninggal kamu dapat mendoakannya dengan membaca doa tahlil atau doa arwah. Di mana kedua doa tersebut berisi permohonan agar Allah menerima semua bacaan Al-Qur’an dan zikir tahlil sebagai tambahan amal kebaikan bagi arwah yang didoakan.

Doa ini jug terdiri atas permohonan ampunan dan rahmat-Nya untuk arwah ahli kubur yang didoakan.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu.”

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI