Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis, Kerjakan Tugas Lebih Cepat

FAJARPENDIDIKAN.co.id– Cara membuat daftar isi otomatis dapat membantu ketika mengerjakan tugas di sekolah atau kerja dengan Microsoft Word.

Daftar isi dalam buku atau tugas kita berguna agar hal yang penting atau ingin dibaca lebih mudah dicari. Pada bagian daftar isi, terdapat judul bab atau sub-bab halaman dan angka yang menunjukkan pada halaman berapa judul itu berada.

Karena formatnya yang unik, membuat daftar isi haruslah teliti. Bisa dibuat secara manual tapi dari pengalaman, cara ini rentan kesalahan. Opsi terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur Cara Membuat daftar isi otomatisyang akan kita bahas di panduan pemula ini.

- Iklan -

Buka makalah atau skripsi yang akan dibuatkan daftar isi, kemudian tandai seluruh bab dari bab I sampai dengan daftar pustaka (hanya babnya saja).

Baca Juga:  Saran Ahli IT, Hindari Aktivitas Biaya Mahal

Kemudian di menu Home – Style, klik tanda jarum dan klik Save Selection as a New Quick Style. Kemudian beri nama Style sesuai keinginan Anda, dan klik OK/Save.

Masih dalam posisi heading tertandai, klik menu References – Add Text – dan beri tanda pada opsi Level 1. Selanjutnya tandai semua sub heading di makalah Anda, kemudian di menu Home – Styles klik opsi Heading 2. Jika formatnya berubah, Anda boleh memperbaiknya secara manual.

- Iklan -

Masih dalam posisi sub heading tertandai, klik menu Reference – Add Text, kali ini posisikan ke opsi Level 2.

Sekarang buatlah sebuah halaman baru di bagian paling atas dengan heading Daftar Isi, lalu klik menu References dan jarum kecil di opsi Table of Contents dan klik Insert Table of Contents.

Baca Juga:  Panduan Memperoleh Proteksi Penyakit Kritis di Insurtech Indonesia

Ketika muncul jendela baru, biarkan pengaturannya seperti default dan klik saja tombol OK.

- Iklan -

Cara Membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word ini tentunya dapat membantu dalam sebuah karya ilmiah, tesis ataupun skripsi.

Masih dalam posisi sub heading tertandai, klik menu Reference – Add Text, kali ini posisikan ke opsi Level 2

Sekarang buatlah sebuah halaman baru di bagian paling atas dengan heading Daftar Isi, lalu klik menu References dan jarum kecil di opsi Table of Contents dan klik Insert Table of Contents.

Ketika muncul jendela baru, biarkan pengaturannya seperti default dan klik saja tombol OK.

Cara Membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word ini tentunya dapat membantu dalam sebuah karya ilmiah, tesis ataupun skripsi.

 

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU