7 Contoh Pidato Tema Sumpah Pemuda, Singkat dan Bermakna

Sumpah pemuda diperingati setiap 28 Oktober, makna Hari Sumpah Pemuda dan sejarahnya biasanya menjadi salah satu tema dalam pidato upacara peringatan Sumpah Pemuda.

- Advertisement -

Hari Sumpah Pemuda sendiri memiliki arti mendalam bagi sejarah bangsa. Isi Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 ialah ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia.

- Advertisement -

Berikut ini adalah contoh pidato soal makna Hari Sumpah Pemuda dan sejarahnya yang bisa Anda gunakan untuk pidato dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022.

- Advertisement -

Contoh Pidato Hari Sumpah Pemuda Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, berikut ini adalah contoh pidato yang membahas tentang Sumpah Pemuda.

Berikut ini 7 Pidato Sumpah Pemuda yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Sumpah Pemuda, Sejarah dan Makna

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Para hadirin dan para pemuda yang pada saat ini berkumpul di tempat ini semuanya. Alhamdulillah, setelah melalui prosesi panjang selama 2 hari, maka pada 28 Oktober 1928, para peserta Kongres Pemuda II bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda.

BACA JUGA:  Defenisi Puisi, Dasar-dasar Membaca dan Struktur Puisi

Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut: Pertama Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Hadirin yang berbahagia, Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda ini merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan.

Selain itu, ikrar sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa merupakan ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia hingga saat ini. Ikrar ini atau Sumpah Pemuda yang dibacakan di arena Kongres Pemuda II dan dihadiri oleh kaum muda lintas suku, agama, dan daerah, nantinya, 17 tahun kemudian, melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945.

Adapun, makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu.

BACA JUGA:  25 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2022, Meriahkan Status Sosmed

“Hadirin yang terhormat, Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, Sri Sudarmiyatun dalam buku berjudul Makna Sumpah Pemuda (2012) menyebutkan nilai-nilai Sumpah Pemuda memiliki hubungan dengan kita sebagai bangsa Indonesia.

Di mana, nilai-nilai itu adalah nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Oleh karena itu hadirin yang berbahagia, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri.

Demikian pidato singkat yang bertemakan sumpah pemuda ini saya akhiri sampai di sini, mudah-mudahan menjadi bangsa bermoral, adil, makmur, sejahtera sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: