Cara Sabar Tingkat Tertinggi

Cara sabar tingkat tertinggi adalah sabar menghadapi musibah-musibah. Seperti kematian, sakit kecelakaan, hilangnya harta dan lain sebagainya.

Seorang hamba yang baik, harus rela dengan ketentuan Allah Subhanahu Wataala dan meyakini bahwa segala yang dimilikinya adalah titipan. Semuanya akan kembali.kepada Allah Tuhan yang Maha Menciptakan.

Teguh dan Kuat

Dengan keyakinan seperti itu, maka ia akan tetap teguh dan kuat untuk melanjutkan langkah meneruskan hidupnya.

- Iklan -

Allah SWT berfirmqn dalam surat Al Baqarah ayat 155 dan 156, ” Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar (156). Yaitu orang yang apabila ditimpa musibah, maka berkata, “Innalillahi wainna ilaihi rojiun (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadaNyalah kami kembali”. Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif: Janji Allah Tentang Sedekah

Ketika kita bersyukur atas nikmatNya, maka Allah akan menambahnya. Begitu pun sebaliknya jika kita kufar atas nikmatNya, maka Allah akan memberikan adzab, baik itu berupa musibah, atau pun permasalahan kehidupan.

Penghuni Surga 2 Kelompok

Penghuni surga itu digolongkam dua kelompok. Kelompok pertama, ialah orang yang bersyukur. Kelompok kedua, terdiri atas orang-orang yang bersabar.

- Iklan -
Baca Juga:  Puasa yang Sesuai Syariat

Ayat terakhir pada QS Al Imron: “Wahai orang orang mukmin, bersabarlah, lipatgandakan kesabaran dan siap-siagalah, dan bertaqwalah, pasti kamu sekalian menjadi orang yang beruntung”.

Dalam menjalani kehidupan yang fana ini, kita harus senantiasa berikhtiar semaksimal mungkin. Lalu serahkan dengan bertawakkal kepada Allah dan tentunya itu harus disertai dengan sikap sabar dan syukur. (Ma’asyiral Mualimin/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU