ADV A1

Cara Stel Pengapian Mobil Yang Lengkap

FAJAR Pendidikan

 Waktu pengapian adalah pengaturan bunga api yang dihasilkan oleh busi dalam sistem pengapian. Memiliki waktu pengapian yang tepat pada mobil mobil akan memungkinkan bagian tersebut menghasilkan tenaga maksimum dan efisien. Lantas, bagaimana cara stel pengapian mobil? Berikut ini penjelesannya.

Diketahui, pengapian bahan bakar ini berguna untuk menggerakkan mobil. Ketika waktu pengapian tidak diatur dengan benar, mobil mungkin mengalami start yang sulit, tenaga yang rendah atau jarak tempuh yang buruk. Mengatur waktu biasanya merupakan tugas yang mudah

Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini cara stel pengapian mobil yang tepat.

Langkah-Langkah Stel pengapian mobil :

  • Tandai kabel busi untuk nomor silinder menggunakan selotip pendek pada setiap kabel. Lepas semua busi menggunakan kunci busi. Lalu, lepaskan penutup katup dari atas silinder nomor satu. Pada mesin V-block ini biasanya penutup katup di sisi pengemudi. Pada mesin in-line, silinder nomor satu adalah yang paling dekat dengan bagian depan mobil.
  • Putar mesin searah jarum jam dan amati katup pada silinder nomor satu. Saat kedua klep dalam posisi naik, masukkan obeng ke dalam silinder nomor satu melalui lubang busi. Putar mesin dengan sangat lambat maju mundur sampai obeng berada pada ketinggian maksimum atau Titik Mati Atas.
  • Temukan kabel busi nomor satu pada tutup distributor dan buat tanda centang pada posisi ini dengan spidol pada rumah distributor. Lepaskan tutup distributor dan amati posisi rotor.
  • Kendurkan baut penahan distributor dan putar distributor hingga rotor sejajar dengan tanda yang Anda buat pada Langkah 3. Pengaturan waktu Anda sekarang disetel ke nol derajat pengaturan waktu mekanis.
  •  Ganti penutup katup menggunakan paking baru. Ganti busi dan kabel busi menggunakan tanda dari Langkah 1. Anda mungkin ingin menandai penyeimbang harmonik dengan titik nol yang mengacu pada titik tetap pada mesin. Kemudian tanda ini dapat digunakan sebagai indikator untuk waktu stroboskopik.
  • Hubungkan pengukur vakum ke sumber vakum manifold. Sebagian besar mesin akan memiliki port di dasar karburator atau throttle body di mana pengukur dapat dihubungkan. Nyalakan mesin dan amati pembacaan pengukur vakum.

Putar distributor sampai pembacaan pengukur vakum maksimum dicatat. Mundur satu inci vakum dari pembacaan maksimum. Kencangkan baut penahan distributor. Pembacaan normal rata-rata dari 14 hingga 21 inci vakum tergantung pada kondisi mesin.

Demikian informasi mengenai cara stel pengapian mobil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI