Saturday, August 15, 2020

Cegah dan Tanggulangi Covid-19 Melalui Perspektif Kesehatan Lingkungan

Departemen Kesling FKM Unhas Gelar Webinar Nasional Seri-1

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas telah melangsungkan Webinar Nasional seri1  dengan tema, “Peranan Kesehatan Lingkungan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19” pada hari Selasa, 28 Juli 2020.

Kegiatan Webinar ini dilakukan dalam rangka perayaan  Dies Natalis ke-64 Universitas Hasanuddin.

Webinar yang dihadiri langsung oleh Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed  dan dibuka secara resmi oleh Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa lingkungan merupakan aspek penting dari pembangunan karena akan berdampak pada kesehatan.

“Lingkungan merupakan aspek penting dari semua tujuan pembangunan. Kita akan merasakan dampak langsung bahwa lingkungan berefek terhadap kesehatan,” jelas Rektor.

Lebih lanjut ia mengatakan, covid telah membawa isu lingkungan menjadi isu penting kesehatan lingkungan, maka dari itu banyak sisi dari kesehastan lingkungan yang bisa dikupas terutama yang paling stategis tentang covid-19 ini.

Webinar ini menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten, yaitu Prof Dr Anwar Daud, SKM., M Kes, Mohamad Husni Thamrin, SKM., M. Kes dan Prof. Budi Haryanto, SKM., M. Kes., M. Sc serta dipandu oleh moderator dr. Makmur Selomo, MS.

Hal yang cukup menggembirakan bagi Departemen Kesehatan Lingkungan karena sebagai webinar pertama yang dilaksanakan, kegiatan ini juga mendapatkan cukup banyak respon positif, terbukti seminar ini menghadirkan peminat sampai 2700-an pendaftar dan ditanyangkan live melalui zoom dan channel youtube FKM Unhas, dan sampai saat ini telah ditonton sebanyak 4.465 kali.

Dalam sambutannya, ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Dr Erniwati Ibrahim, SKM.,M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan salah satu upaya untuk berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di masa pandemi ini.

“Tidak hanya sampai disini, selanjutnya Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas berencana melaksanakan Webinar Nasional Seri-2 Insyaallah pada bulan Agustus dan Webinar Internasional pada bulan September,” jelas Erniwati. (*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Semarakkan Hari Kemerdekaan, Lantamal VI Tayangkan Ucapan HUT Ke-75 RI Tahun 2020 Di TV Tron

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka HUT Ke-75 kemerdekaan RI Tahun 2020 pada 17 Agustus 2020 nanti, Lantamal VI menyemarakkan Kegiatan Tahunan ini...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Uji Kreativitas Peserta Didik Melalui Lomba

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan Muharram dan Semarak Kemerdekaan di SMP Islam Athirah 1 Makassar diadakan secara virtual. Dua kegiatan itu untuk pertama kalinya...

Memperingati Hari Pramuka, Murid SDN Borong Kerja Bakti di Rumah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - "Perkenalkan, nama saya Nur Aliah Suci Ramadhani dari kelas 4B, SD Negeri Borong. Saya akan melakukan kegiatan menyapu, menyiram...

Sambut HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Lantamal VI Gelar Zikir Bersama

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) menggelar acara...

OPINI : Sekolah Tatap Muka Antara Harapan dan Minimnya Persiapan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 saat ini masih belum usai, selama hampir 4 bulan lebih Indonesia Lockdown yang berarti segala aktivitas seperti sekolah,...

REKOMENDASI