Pengertian Argumentative Text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Teks argumentasi merupakan teks yang berisi opini penulis yang disertai alasan dan pembuktian yang didukung oleh fakta, disampaikan secara logis dan objektif, bertujuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi pembaca. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian Argumentative Text, Ciri Argumentative Text, Struktur Argumentative Text dan Tujuan Argumentative Text.

 

Pengertian Argumentative Text

Argumentative Text adalah jenis teks yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca mengenai suatu pandangan, pendapat, atau posisi tertentu melalui penggunaan argumen yang logis dan bukti yang kuat. Dalam argumentative text, penulis tidak hanya menyajikan informasi, tetapi juga berusaha membujuk pembaca untuk menerima sudut pandang atau kesimpulan tertentu.

- Iklan -

 

Ciri-ciri Argumentative Text:

  1. Pernyataan Tesis yang Jelas: Teks dimulai dengan pernyataan tesis yang menyatakan posisi atau argumen utama penulis.
  2. Argumen yang Terorganisir: Setiap paragraf mendukung pernyataan tesis dengan argumen yang terstruktur dan logis.
  3. Bukti yang Kuat: Menggunakan bukti yang relevan dan kuat seperti data, fakta, contoh, dan kutipan dari sumber yang dapat dipercaya untuk mendukung argumen.
  4. Penanggulangan Argumen Lawan: Menyajikan dan menanggapi argumen atau pandangan yang berlawanan untuk memperkuat posisi penulis.
  5. Kesimpulan yang Menegaskan: Mengakhiri teks dengan kesimpulan yang merangkum argumen utama dan menegaskan kembali pernyataan tesis.
Baca Juga:  Pengertian Report Text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Struktur Argumentative Text:

  1. Pendahuluan (Introduction):
    • Memperkenalkan topik.
    • Menyatakan pernyataan tesis yang jelas dan ringkas.
  2. Pengembangan Argumen (Body):
    • Setiap paragraf menyajikan satu argumen utama yang mendukung tesis.
    • Menyediakan bukti dan contoh untuk mendukung setiap argumen.
    • Menanggapi argumen lawan (counterarguments) dengan bukti yang menyangkal atau melemahkan argumen tersebut.
  3. Kesimpulan (Conclusion):
    • Merangkum poin-poin utama.
    • Menegaskan kembali pernyataan tesis.
    • Bisa menyertakan ajakan bertindak atau implikasi lebih lanjut dari argumen yang disampaikan.

 

Tujuan Argumentative Text

Tujuan utama dari Argumentative Text adalah untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan, pendapat, atau posisi yang diusulkan oleh penulis. Beberapa tujuan khusus dari argumentative text meliputi:

- Iklan -

1. Mempersuasi Pembaca

Argumentative text bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran dan sikap pembaca terhadap suatu isu atau topik tertentu. Penulis berusaha meyakinkan pembaca agar menerima sudut pandang atau pendapat yang diusulkan.

2. Membangun Kekuatan Argumen

- Iklan -

Penulis menggunakan argumentative text untuk membangun dan menguatkan argumen yang mereka sampaikan. Dengan menyediakan bukti yang kuat, data yang relevan, dan contoh yang mendukung, tujuan utama adalah membuat argumen tersebut lebih meyakinkan.

3. Menyampaikan Informasi

Selain meyakinkan, argumentative text juga bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Penulis memberikan latar belakang, fakta, dan analisis mendalam tentang isu yang dibahas untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pembaca.

Baca Juga:  Contoh Argumentative Text Bahasa Inggris Beserta Artinya

4. Mendorong Diskusi dan Debat

Argumentative text seringkali memicu diskusi dan debat di antara pembaca. Tujuannya adalah untuk mengajak pembaca untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan membahas berbagai sudut pandang terkait dengan isu yang dibahas.

5. Membangun Kesadaran Publik

Dengan mengajukan argumen yang kuat, argumentative text juga bertujuan untuk membangun kesadaran publik tentang isu-isu penting dalam masyarakat. Hal ini dapat mendorong perubahan sosial, perubahan kebijakan, atau perubahan perilaku di tengah-tengah masyarakat.

6. Memotivasi Tindakan atau Perubahan

Argumentative text dapat memotivasi pembaca untuk mengambil tindakan atau melakukan perubahan sesuai dengan posisi atau pandangan yang diusulkan oleh penulis. Ini bisa berupa dukungan terhadap kebijakan tertentu, partisipasi dalam aksi sosial, atau perubahan sikap dan perilaku.

Dengan demikian, argumentative text bukan hanya tentang menyajikan argumen dan bukti, tetapi juga tentang mengubah sikap, membangun pemahaman, dan memicu tindakan atau perubahan di kalangan pembaca.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian Argumentative Text, Ciri Argumentative Text, Struktur Argumentative Text dan Tujuan Argumentative Text.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU