Destilasi Lengkap Pengertian, Prinsip Kerja, Tujuan dan Macam-Macam Destilasi

Destilasi Lengkap Pengertian, Prinsip Kerja, Tujuan dan Macam-Macam Destilasi, Berikut Pelajaran Sekolah akan kembali memberikan pelajaran yaitu Destilasi lengkap dari pengertian hingga macam-macam Destilasi.

Dilansir Fajar Pedidikan, Destilasi (penyulingan) adalah sebuah metode yang dipakai untuk memisahkan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan dan kemudahan menguap serta volatilitas bahan.

Dalam prose penyulingan ini, Terlebih dahulu campuran zat didihkan sehingga menguap lalu uap tersebut kemudian didihkan ke dalam bentuk cairan. Zat yang titik didih nya lebih rendah akan menguap lebih dulu.

- Iklan -

Pengertian lain, Destilasi merupakan proses pemisahan zat cair dari campurannya berdasarkan perbedaan titik didih serta kemampuan zat untuk menguap.

Prinsip Kerja Destilasi

Prinsip kerja destilasi  :” jika suatu zat pada larutan tidak sama-sama menguap, itu artinya uap larutan akan memiliki komponen yang tidak sama dengan larutan yang aslinya”. Apabila salah satu dari zat menguap, Itu artinya pemisahannya terjadi secara sempurna. Namun jika keduanya menguap, Proses pemisahannya terjadi secara sebagian tapi destilat maupun produk akan memiliki kaya dapat dari komponen dibanding larutan aslinya.

Tujuan Destilasi

Destilasi ini mempunyai tujuan yakni untuk memurnikan zat cair terhadap titik didihnya serta memisahkan cairan dari zat padat. Uap yang dikeluarkan dari campuran sebagai uap bebas. Adapun konsentrat yang jatuh sebagai destilat bagian cair yang tidak menguap sebagai residu. Apabila yang diinginkan yaitu bagian campurannya yang tidak teruapkan maka proses itu dikatakan sebagai pengentalan dengan evaporasi.

- Iklan -
Baca Juga:  Linking Verbs, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Macam-Macam Destilasi

Di bawah ini adalah beberapa macam destilasi, yakni :

  • Destilasi Sederhana

Destilasi sederhana,  Jenis destilasi sederhana biasanya melalui cara menaikan suhu, sehingga menjadikan tekanan uapnya ada diluar cairan ataupun tekanan atmosfer ataupun titik didih normal.
Pada destilasi sederhana ini, dasar dari pemisahannya adalah perbedaan dari titik didihnya yang jauh maupun salah satu komponennya bersifat volatil. Jika campuran tersebut dipanaskan/dididihkan, maka komponen yang memiliki titik didih yang lebih rendah juga akan menguap.

Baca Juga:  Interjection, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Interjection

Selain dari perbedaan titik didih tersebut, Terdapat pula perbedaan kevolatilan yakni merupakan kecendrungan suatu substansi menjadi gas. Proses destilasi ini dilakukan terhadap tekanan atmosfer. Proses distilasi tersebut juga digunakan untuk memisahkan antara campuran alkohol dan air biasa.

- Iklan -

Dibawah ini adalah susunan rangkaian peralatan destilasi biasa:


Keterangan:
1. Penampung air
2. labu distilasi
3. Ada sambungan
4. Alat Termometer
5. Kondensor
6. Adanya aliran yang masuk berupa air dingin
7. Aliran keluar berupa air dingin
8. Labu (Kecil) distilat
9. Ada lubang udara
10. Tempat keluarnya distilat
13. Penangas
14. Air penangas
15. Larutan zat
16. Tempat labu distilat.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU