Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan akan memberikan apresiasi ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar dengan memberikan lima unit Motor Perpustakaan Keliling dengan hak guna pakai untuk menunjang layanan perpustakaan keliling di kota Makassar.

 Hal itu diungkapkan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Moh Hasan saat melakukan kunjungan kerja di kota Makassar, Jumat (14/2).

“Apresiasi tersebut sebagai bukti bahwa provinsi memberikan penghargaan atas prestasi dan inovasi Dinas Perpustakaan kota Makassar,” terang Hasan.

Bantuan tersebut menjawab juga pertanyaan dari Sekretaris Dinas Perpustakaan kota Makassar, Muhyiddin Mustakim yang meminta dukungan ke provinsi untuk membantu layanan titik perpustakaan keliling.

Saat ini Dinas Perpustakaan kota Makassar hanya memiliki tiga armada perpusling bantuan dari Perpustakaan Nasional RI.

Dari tiga armada, satu armada (bantuan 2005) yang sering mengalami kerusakan padahal titik layanan Perpustakaan Keliling lebih dari 1.000 titik dan Dongkel Perpusling tahun ini 400 titik.

Baca Juga :   Raih WTP, DPRD Barru Apresiasi Kinerja Pemkab

Pemerintah kota Makassar melalui bagian perlengkapan tahun ini juga memberikan apresiasi dan membantu Dinas Perpustakaan kota Makassar melalui Dana Insentif Daerah (DID) yakni satu Bus Mobil Perpusling dilengkapi fasilitas komputer dan internet dan satu Bus Wisata Baca yang digunakan untuk antar jemput khususnya anak-anak untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum kota Makassar.

Dukungan dan bantuan tersebut sebagai upaya mengapresiasi inovasi Dongkel agar terus berkelanjutan dan menjadi solusi meningkatkan SDM di Kota Makassar. (FP)