Sunday, May 31, 2020

Diskusi HI Unibos Hadirkan Dua Pemateri Luar Negeri

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebagai salah satu proses belajar dalam perkuliahan dan merupakan perwujudan mata kuliah English for International Relations, Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa (Unibos) gelar diskusi yang digarap dalam kegiatan A Class Session Talk. Kegiatan ini digelar di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Unibos, Minggu, 19 Mei 2019.

Dihadiri 65 peserta dari mahasiswa Prodi HI Unibos, kegiatan yang dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi mahasiswa itu, menghadirkan pemateri dari luar negeri yang ahli dan berpegalaman di bidangnya.

Kedua pemateri tersebut yaitu Launa Maier (Retired NASA, America) dan Elise Giles (Volunteer Community Development, Australia).

Dalam pembahasannya terkait beberapa pengalaman, Launa menceritakan beberapa hal yang terjadi saat masih berada di NASA Amerika.

“Saya telah bekerja selama 31 tahun di NASA, Amerika. Begitu banyak hal yang terjadi disana terutama yang membuat kita belajar bagaimana pentingnya berbaur dengan  kemajuan teknologi, melakukan ketepatan perencanaan dan bagaimana waktu menjadi hal penting yang menyebabkan keberhasilan peluncuran roket ruang angkasa. Ini penting untuk memastikan keselamatan para astronout yang sementara menjalankan misi tersebut,” kenang Launa.

Elise Giles juga berbagi beberapa pengalamannya selama menjadi Volunteer.

“Sangat penting untuk setiap orang memiliki tujuan hidup dan berkeinginan kuat untuk mewujudkannya. Melihat keterkaitan dengan apa yang kita kerjakan sekarang yaitu, aktivitas volunteering adalah pentingnya mempelajari budaya lain juga masyarakatnya. Karena itu, akan membantu untuk memperluas sudut pandang dan pemahaman kita terhadap perbedaan satu dan yang lainnya,” ungkapnya.

Betche Bt. Mamma, Salah satu dosen HI Unibos yang menjadi pengampuh mata kuliah English for International Relations, menerangkan alasan mengapa mahasiswa perlu diajak untuk berinteraksi dengan mereka yang memiliki budaya, bahasa dan pengalaman yang berbeda.

“Ini akan membantu mereka untuk memahami perspektif yang berbeda tentang pengetahuan mereka tentang NASA melalui bacaan dengan yang disampaikan secara langsung oleh pemateri dari NASA. Juga tentang pentingnya memahami perbedaan bahasa dan budaya untuk hidup harmonis,” kata Dosen HI Unibos.(*)

- Advertisement -

TERKINI

Selamat! UIN Alauddin Peringkat Ketiga Paling Diminati di UMPTKIN 2020

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemeringkatan peminat Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2020 untuk pilihan pertama menempatkan UIN Alauddin Makassar diurutan...

Pemudik Asal Bone Ingin Balik ke Jakarta Ternyata Positif Covid-19

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Seorang warga dari Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang hendak balik ke Jakarta ternyata terkonfirmasi Positif Covid-19, Sabtu (30/5/2020).

Bersama Petani, Bupati Barru Tanam Bawang Di Dusun Bette

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Selaku Kabupaten termasuk penyanggah pangan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bersama Petani Dusun Bette, Bupati Barru Ir. H. Suardi...

Bupati Barru Harap Camat, Lurah dan Kades Tetap Mengedukasi Warga Tentang Covid- 19

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bupati Barru Suardi Saleh memimpin rapat kordinasi virtual bersama Pimpinan OPD, Camat, lurah dan kepala desa diruang Basic Barru,...

REKOMENDASI