Tuesday, September 22, 2020

Dongkelor Motivasi Diri Bersama Kak Nisa dan Kak Mangga

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sobat Perpustakaan, jangan lupa ya, Sabtu besok (11/07) Dongkelor atau akronim Dongeng Keliling Online dari Rumah untuk episode 11 akan berkisah tentang Motivasi Diri yakni Bangga Jadi Diri Sendiri bukan bangga jadi orang lain.

Mengapa? Karena masing-masing orang mempunyai keunikan tersendiri dan tidak ada orang yang memiliki kepribadian atau sifat yang sama persis.

Jika kita berpura-pura menjadi orang lain maka tidak sedikit yang akan kehilangan jati diri. Jadi diri sendiri akan membuat bahagia karena kita akan menjalani hidup dengan apa adanya dari diri kita.

Nah, di Episode kali ini Dongkelor akan menghadirkan dua pendongeng spesial dari Tim Dongkel Perpusling yakni kak Nisa Chairunnisa Latief dengan bonekanya yang bernama Ica untuk sesi Puppet Show dan kak Mangga Manggazali Anak Makassar untuk sesi dongeng.

Bagi penggemar Dongkel, Kak Nisa dan Kak Mangga tentunya tidak asing lagi bagi kita semua karena sebelum wabah corona keduanya selalu aktif menemani Perpustakaan Keliling dengan Dongkelnya menyambangi sekolah-sekolah di Kota Makassar.

Kak Nisa selain pendongeng di Tim Dongkel Perpusling Dinas Perpustakaan Makassar juga sebagai guru sekaligus Kepala Sekolah di RA Mardhati Makassar.

Pendiri Kampung Dongeng Mardhati dibawah binaan Kak Awam ini selalu aktif mendongeng diberbagai tempat.

Begitu halnya dengan Kak Mangga, selain pendongeng kak Mangga juga disibukkan dengan beragam kegiatan komunitas. Salah satu pendiri Diangga Baby Meal ini aktif sebagai penyuluh Anti Korupsi LSP KPK, Fasilitator KITA Bhinneka Tunggal Ika, Tim Desainer dan masih banyak lagi.

Seperti biasa, penampilan Keduanya besok akan dipandu oleh Host Dongkelor, Kak Isti Isthie Purnamasari.

Yuk kunjungi channel YouTube: Dongkel Perpusling, jangan lupa ya klik like dan subscribe agar tidak ketinggalan momen bersama Dongkelor setiap hari Sabtu mulai pukul 10.00 Wita.

Kemudian yang masih mendapatkan tugas dari bapak/ ibu gurunya untuk mendengarkan dongeng dan mencatat ceritanya dapat menikmati sepuasnya di YouTube setiap episodenya.

“Jangan lupa juga jawab pertanyaan dari kakak host karena setiap jawaban menarik setiap episodenya akan mendapatkan hadiah buku dan pin setiap pekannya dari Tim Dongkelor,” Kak Isti.

Dongkelor adalah perluasan layanan Dongkel with Mobile Library inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar sebagai salah satu upaya meningkatkan kegemaran membaca khususnya anak-anak.

Selain dongeng, Dongkelor berisi edukasi untuk pencegahan Covid-19 dan sosialisasi kegemaran membaca serta sosialisasi layanan perpustakaan digital ePustaka Kota Makassar.

Masyarakat dapat membaca buku elektronik (e-book) di rumah melalui aplikasi di smartphone masing-masing.

Mari patuhi protokol Kesehatan dengan berupaya tetap di rumah, menjaga kesehatan, memperhatikan pola makan teratur dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup, jika terpaksa bepergian maka wajib menggunakan masker, sarung tangan, jagak jarak aman dan jangan lupa selalu cuci tangan.

Semua itu dilakukan agar kita bisa menghentikan penyebaran virus Covid-19 dan kehidupan kita bisa kembali seperti biasa.

Mari terus produktif dan banyak membaca serta tidak membagikan informasi yang belum diketahui kebenarannya. Saring sebelum sharing. (*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

STKIP Muhammadiyah Bone Gelar Masta, Plt Ketua Paparkan Ini

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - STKIP Muhammadiyah Bone melakasanakan Masa Ta’aruf (Masta) untuk mahasiswa baru (maba) Tahun Akademik 2020/2021 di Aula Kampus setempat, Selasa...

Unibos dan UTH Malaysia Tandatangani Kerja Sama

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali lakukan kerja sama. Kali ini dilakukan dengan Universitas Tun Hussein Malaysia (UTHM) secara online.

Sah! Unibos dan Pemprov Sulsel Jalin Kerja Sama

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali lakukan penandantanganan kerja sama dalam rangka pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja...

Kukuhkan 881 Wisudawan, Rektor: Alumni UIN Alauddin Makassar Bisa Tonji

FAJARPENDIDIKAN.co.id -  Rapat Senat Terbuka Luar Biasa UIN Alauddin dalam rangka pengukuhan wisudawan dan wisudawati angkatan 87 periode September dibuka secara resmi...

Sambut HUT Ke–75 TNI, Personel Lantamal VI Donor Darah di Kodam XIV/HSN

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Menyambut HUT ke -75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Personel Lantamal VI terdiri dari Personel militer 71 orang dan PNS...

REKOMENDASI