Friday, August 14, 2020

HIMABIO Unismuh Makassar Bakal Gelar BSC 2020

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) akan kembali menggelar event tahunannya yang ketiga.

Event itu dinamakan Biology Smart Competition (BSC). Tahun pertama digelar pada 2018 lalu dengan kompetisi regional antar SMA/MA.

Tema yang diangkat tahun ini yakni, “Mengembangkan Intelektual Muda yang Kompetitif dan Berprestasi’’ mempertemukan beberapa tim dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

BSC tahun ini mengadakan lima item kegiatan atau lomba, yakni olimpiade biologi, debat ilmiah, mading ilmiah, biologi akustik (biotik) dan ekosistem day (E-Day). Adapun total hadiah tahun ini berkisar 21 Juta Rupiah.

Kegiatan pencarian dana panitia BSC dan pengurus HIMABIO

Pendaftaran dimulai 23 Desember 2019 sampai dengan 23 Januari 2020. Adapun untuk pendaftaran offline dilakukan di kampus Unismuh Makassar dan Regional masing-masing daerah kabupaten/kota. Pendaftaran online bisa dilakukan juga dengan link sebagai berikut http://bit.ly/FormulirPendaftaranBSC2020 .

Babak penyisihan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2020 di masing-masing daerah kabupaten/kota untuk item lomba olimpiade biologi. Adapun item lomba yang lainnya dilakukan di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar dengan tanpa babak penyisihan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna tercapainya tujuan pembangunan nasional, sebagai wadah  untuk menumbuhkan jiwa-jiwa kompetitif dan menunjukkan kreatifitas serta potensi dikalangan pelajar SMA/MA sederajat se-Sulawesi Selatan dan Barat.

“Indonesia yang begitu kaya akan hasil alamnya, jika tidak disikapi dengan menyiapkan generasi-generasi yang berpendidikan dan berjiwa kompetitif, maka akan sulit bersaing di masa yang akan datang,” ungkap Ujra Sutrisno selaku Ketua Umum HIMABIO.

“Siswa-siswi peserta BSC ini lah yang diharapkan mampu menjadi generasi dengan ilmu yang dimiliki  dapat mengelola berbagai kekayaan alam di negara kita di tengah kemajuan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi,” tambahnya.

Citizen Report: Hendrawan Selalu ketua panitia

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Wadan Lantamal VI Bersama Forkopimda Sulsel Ikuti Rakorsus Tingkat Menteri Melalui Vidcon

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H., M.M., bersama Forkopimda Sulsel mengikuti Rapat Koordinasi...

Jalin Silaturahmi, STIE Nobel Indonesia Jajaki Potensi Kerjasama dengan HIPMI Sulsel

FAJARPENDIDIKAN.co.id - STIE Nobel Indonesia melakukan pertemuan dengan jajaran pengurus DPD HIPMI Sulsel yang dihadiri langsung oleh ketua dua lembaga tersebut, Dr...

Rasa dan Wanginya Beda-beda, Ini nih Jenis Beras Putih Lokal Favorit Orang Indonesia

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Nasi adalah makanan pokoknya orang Indonesia. Nggak heran kalau ada ungkapan, ‘Belum makan namanya kalau belum makan nasi’. Saking vital...

150 Wartawan Dites Swab-PCR di Gedung Dewan Pers

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pelaksanaan tes Swab-PCR (Polymerase Chain Reaction)yang diselenggarakan Dewan Pers bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu, 12 Agustus...

Belanja Puas, Ini Tips Atur Keuanganmu

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Belanja saat pandemik begini memang bisa bikin penat dan stres hilang. Apalagi buat kamu si shopaholic, rasanya rutinitas belanja jadi kewajiban...

REKOMENDASI