HIMABIO Unismuh Makassar Bakal Gelar BSC 2020

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) akan kembali menggelar event tahunannya yang ketiga.

Event itu dinamakan Biology Smart Competition (BSC). Tahun pertama digelar pada 2018 lalu dengan kompetisi regional antar SMA/MA.

Tema yang diangkat tahun ini yakni, “Mengembangkan Intelektual Muda yang Kompetitif dan Berprestasi’’ mempertemukan beberapa tim dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

BSC tahun ini mengadakan lima item kegiatan atau lomba, yakni olimpiade biologi, debat ilmiah, mading ilmiah, biologi akustik (biotik) dan ekosistem day (E-Day). Adapun total hadiah tahun ini berkisar 21 Juta Rupiah.

Kegiatan pencarian dana panitia BSC dan pengurus HIMABIO

Pendaftaran dimulai 23 Desember 2019 sampai dengan 23 Januari 2020. Adapun untuk pendaftaran offline dilakukan di kampus Unismuh Makassar dan Regional masing-masing daerah kabupaten/kota. Pendaftaran online bisa dilakukan juga dengan link sebagai berikut http://bit.ly/FormulirPendaftaranBSC2020 .

Babak penyisihan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2020 di masing-masing daerah kabupaten/kota untuk item lomba olimpiade biologi. Adapun item lomba yang lainnya dilakukan di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar dengan tanpa babak penyisihan.

Baca Juga :   Mahasiswa P2K FKIP Unismuh Gelar Seminar Kemasyarakatan

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna tercapainya tujuan pembangunan nasional, sebagai wadah  untuk menumbuhkan jiwa-jiwa kompetitif dan menunjukkan kreatifitas serta potensi dikalangan pelajar SMA/MA sederajat se-Sulawesi Selatan dan Barat.

“Indonesia yang begitu kaya akan hasil alamnya, jika tidak disikapi dengan menyiapkan generasi-generasi yang berpendidikan dan berjiwa kompetitif, maka akan sulit bersaing di masa yang akan datang,” ungkap Ujra Sutrisno selaku Ketua Umum HIMABIO.

“Siswa-siswi peserta BSC ini lah yang diharapkan mampu menjadi generasi dengan ilmu yang dimiliki  dapat mengelola berbagai kekayaan alam di negara kita di tengah kemajuan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi,” tambahnya.

Citizen Report: Hendrawan Selalu ketua panitia