Dosen Ekonomi Pembangunan UNM Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Pertanian di Unhas

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Diah Retno Dwi Hastuti salah seorang dosen di program studi Ekonomi pembangunan, jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Bisnis UNM berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang ilmu Pertanian di Universitas Hasanuddin setelah mempertahankan disertasinya dengan judul “Pertanian Kota dalam Perspektif Pangan, Ekonomi, Estetika, dan Lingkungan di Kota Makassar” pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 dalam Ujian Promosi Doktor yang diselenggarakan secara daring.

Tim Promotor Disertasi terdiri dari 3 orang yakni: Prof. Dr. Ir. Rahim Darma, M.S., Prof. Dr. Ir. Darmawan Salman, M.S., dan Dr. Ir. Slamet Santosa, M.Si., sedangkan tim penguji terdiri dari 5 orang, yakni: Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec. (Penguji eksternal dari UGM), Prof. Dr. Ir. Didi Rukmana, M.S., Dr. Ir. Triyathi Martosenjoyo, M.Si., Dr. Ir. Novaty Eny Dungga, M.P., dan Dr. Ir. Rahmadanih, M.Si.

Tujuan Penelitian dalam disertasi yaitu, Menganalisis fungsi pertanian kota dari perspektif pangan, ekonomi, estetika dan lingkungan.

BACA JUGA :   Posko 18 PBL III FKM Unhas Adakan Evaluasi Program Pencegahan Stunting dan Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Kesimpulan pada penelitian bahwa, pertanian kota di kota Makassar mampu menyediakan kebutuhan pangan bagi rumah tangga petani yang melebihi PPH nasional untuk jenis padi-padian dan mendekati PPH untuk kelompok sayur dan buah. Kontribusi terhadap pendapatan rumah tangga masih rendah akibat tingginya pendapatan disposibel. Memberi nilai keindahan yang tidak berbeda antar gender dan berpeluang dikembangkan menjadi agropolitan. Tanaman pangan menyimpan karbon lebih besar daripada sayuran, dan penanaman pada tanah hamparan berpotensi menyimpan karbon lebih besar.

Rekomendasi penelitian, diperlukan peningkatan pemanfaatan lahan pekarangan atau lahan tidak terpakai terutama untuk tanaman yang produktif, melakukan perlindungan lahan sawah yang masih ada dengan pemanfaatan teknik penanaman yang lebih modern, dan perlu penataan warna dan jenis tanaman serta teknik penanaman melalui ketersediaan infrastruktur dan keamanan.

Disertasi telah menghasilkan luaran berupa publikasi artikel seperti Jurnal Internasional Bereputasi dan Terkareditasi: Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (Scopus Q3) dengan judul “Regression Application on the Farmers’ Household Consumption Expenditure Model”, Jurnal Terakreditasi Nasional (Sinta 2) Journal of Socioeconomics and Development dengan  “Gender Preference on the Quality of Landscape Aesthetic of Urban Agriculture”, dan  pada IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Scopus) dengan judul “Carbon Sequestration of City Agriculture: Between Farming and Non-Farming Land”.

BACA JUGA :   UNM Akan Gelar Wisuda Luring Pertama Pasca Pademi Covid-19

Selain itu, publikasi dalam Book Chapter dengan judul  “Teknologi Hijau: Solusi Ketahanan Pangan Perkotaan secara Berkelanjutan di Masa Pandemi COVID-19”. Tema: Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19: Peluang, Tantangan, dan Strategi yang diterbitkan oleh Media Sains Indonesia (ISBN: 978-623-6882-26-9). Tulisan ini sudah mendapat HaKI – Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan Ham RI dengan Nomor dan Tanggal Permohonan (EC00202056383, 5 Desember 2020); Nomor Pencatatan (003876).

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI